nusabali

Ngusaba Kapat Digelar di Pura Tuluk Biyu

  • www.nusabali.com-ngusaba-kapat-digelar-di-pura-tuluk-biyu

BANGLI, NusaBali - Krama Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli melaksanakan Pujawali Ngusaba di Pura Tuluk Biyu, Desa Batur, pada Purnama Kapat, Sukra Pon Tambir, Jumat (29/9). Rangkaian upacara akan berlangsung hingga 7 Oktober 2023.

Ketua Panitia I Ketut Sudana menyampaikan pujawali ngusaba kapat diawali dengan  mepepada wewalungan. Yang tujuannya menyucikan sarana prasara upakara. Selanjutnya upacara Mapepada Agung

"Mapepada Agung memiliki makna Ida Bhatara cakti Pura Tuluk Biyu Batur tedun saha nodya palemahan Ida di wewidangan Desa Adat Batur agar diberikan sinar suci untuk keselamatan dan kerahayuan buana agung dan buana alit," jelas Sudana.

Lanjutnya, rangkaian upacara ngusaba ini untuk mendoakan jagat (alam) beserta isinya diberikan kerahayuan. Kabupaten  dan kota se-Bali diagendakan untuk menghaturkan bhakti penganyar. Bagi pemedek yang ingin tangkil bisa mengikuti jadwalnya sesuai dengan bhakti penganyar. "Pamedek di seluruh Bali dapat melaksanakan persembahyang hingga 7 Oktober 2023. Harapannya kepada umat agar pemedek tangkil untuk ikut bersama - sama  ngerestiti  bhakti agar jagat dan sedaging jagat diberikan keselamatan dan kerahayuan," sambungnya.

Untuk ngusaba ini, krama Adat Batur sudah persiapan sejak 19 September lalu.7esa

Komentar