nusabali

Ribuan Krama Iringi Nganget Don Bingin

  • www.nusabali.com-ribuan-krama-iringi-nganget-don-bingin
  • www.nusabali.com-ribuan-krama-iringi-nganget-don-bingin

BANGLI, NusaBali - Krama Banjar Puri Bukit, Kelurahan Cempaga, Bangli, akan menggelar Karya Meligia Lajur.

Menjelang puncak karya tersebut dilaksanakan prosesi Nganget Don Bingin (memetik daun beringin) pada Anggara Wage Matal, Selasa (10/10).

Prosesi tersebut diikuti ribuan krama dari tiga puri, yakni Puri Bukit, Puri Kanginan, dan Puri Tamanbali. Krama ini mengiringi dengan Mapeed dari lokasi upacara di Piyadnyan Puri Bukit menuju Pura Kehen.

Manggala Karya Meligia Lajur Puri Bukit Ida I Dewa Anom Sudarta, didampingi Penasehat Ida I Dewa Gede Rai, menyampaikan karya ini diikuti 121 Puspa dari tiga puri yakni, Puri Bukit, Puri Kanginan, dan Puri Tamanbali. Puncak karya Meligia Lajur di Puri Bukit akan berlangsung pada 14 Oktober 2023. “Persiapannya sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu,” ungkapnya.

Jelasnya, prosesi Nganget Don Bingin diawali dengan persembahyangan bersama untuk memohon keselamatan dan kelancaran karya. Nganget daun beringin dilakukan dengan menggunakan galah yang ujungnya diikatkan pisau sudamala. 

Lantaran peruntukan daun beringin nantinya untuk karya suci, sehingga prosesi pemetikan daun beringin dilakukan dengan tidak sembarangan. Daun beringin ini nantinya akan dipergunakan sebagai media penyalur Sang Pitara untuk menuju Sangkan Paraning Dumadi.

Disisi lain, untuk pembiayaan meliputi urunan sebesar Rp 10 juta untuk masing-masing Puspa, selain mendapat bantuan dari Pemkab Bangli. "Melalui Melgia Lajur secara massal ini, kami harapkan pasemetonan antar warga puri makin erat," ujarnya.7esa

Komentar