nusabali

Sat Reskrim Periksa 6 Saksi

Kecelakaan Boat Diving di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-sat-reskrim-periksa-6-saksi

SEMARAPURA, NusaBali - Jajaran Sat Reskrim Polres Klungkung menyelidiki kasus kecelakaan boat diving yang menewaskan 1 penumpang di perairan Pantai Andus, Banjar Sompang, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (27/9) pagi.

Kasat Reskrim AKP Anak Agung Suantara mengatakan telah memeriksa 6 saksi. Di antaranya 2 orang kapten boat yang terlibat kecelakaan, istri korban, dan saksi lainnya di TKP. Polres Klungkung juga berkoordinasi dengan syahbandar.

Korban tewas dalam kecelakaan maut itu merupakan wisatawan mancanegara asal Jerman, Seibold Hans Ulrich, 53. Korban tewas setelah terjatuh ke air dan mengenai propeller (baling-baling mesin boat). Korban mengalami luka serius pada bagian kepala. “Kami masih kumpulkan pemeriksaan saksi-saksi," ujar AKP Suantara, Jumat (29/9). Karena kecelakaan ini terjadi di tengah laut, Sat Reskrim juga berkoordinasi dengan Syahbandar. Apakah ada unsur kelalaian dalam kecelakaan itu? “Ini perlu kami konfrontir keterangan kedua pihak dan saksi-saksi di lapangan hingga terjadinya kecelakaan," ujar AKP Suantara.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, kejadian ini bermula pada Rabu pagi pukul 08.00 Wita. Ketika itu, Boat Blue Lagoon yang diawaki kapten boat I Komang Intrawan membawa 11 orang penumpang termasuk korban dan 4 crew boat.

Rombongan boat diving itu berangkat dari Nusa Penida Dive Center dan tiba di perairan Cristal Bay pukul 08.30 Wita. Setelah itu dilanjutkan dengan aktifitas diving. Setelah 45 menit diving, kapten boat mengarah ke Manta Point. Setiba di perairan Pasih Andus, tiba-tiba melaju Boat Kabila yang diawaki oleh Kapten Boat I Made Suarnita yang datang dari arah berlawanan. Kapten boat Blue Lagoon berusaha menghindar agar tidak terjadi tabrakan, namun tabrakan tidak terhindarkan. Boat Blue Lagoon yang membawa korban ditabrak pada bagian samping kanan depan. Pada saat kejadian, korban yang berada di bagian tengah samping kanan Boat Blue Lagoon tertabrak bagian ujung depan Boat Kabila. Akibatnya korban terjatuh ke air dan mengenai baling-baling mesin boat. Kemudian korban dibantu oleh kapten dan crew dari Boat Blue Lagoon untuk dinaikkan dan dibawa ke RSUD Gema Shanti Nusa Penida. "Dari hasil pemeriksaan dokter, korban sudah dinyatakan meninggal dunia," ujar Kompol Sumerta. 7 wan

Komentar