nusabali

Korem Wira Satya Gelar Simulasi Bencana Alam

  • www.nusabali.com-korem-wira-satya-gelar-simulasi-bencana-alam

DENPASAR, NusaBali - Korem 163/Wira Satya menggelar latihan simulasi penanganan bencana alam yang berpusat di gedung Makorem Jalan PB Sudirman, Kelurahan Dauh Puri, Kecamatan Denpasar Barat.

Kegiatan simulasi Posko 1 yang digelar tiga hari mulai Senin (25/9) sampai Rabu (27/9) itu dibuka langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi kemarin pagi. 

Fokus kegiatan simulasi ini adalah penanganan bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami. Dalam waktu tiga hari itu para peserta membuat rencana penanganan bila terjadi bencana alam sampai bencana itu tuntas diatasi. Pada akhir kegiatan akan dilakukan penilaian oleh tim khusus. 

Dalam kegiatan pembukaam simulasi penanganan bencana alam dengan tema: Korem 163/Wira Satya Melaksanakan Operasi Bantuan Penanganan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami di Wilayah Bali Dalam Rangka Membantu Pemda Bali, Pangdam mengatakan Bali merupakan salah satu wilayah rawan bencana alam, seperti gunung api, gempa bumi, dan tsunami. 

Latihan Geladi Posko I merupakan latihan yang dilaksanakan guna menghadapi bencana alam, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan beserta Staf Korem 163/WSA dalam melaksanakan teknik olah yudha sampai dengan pengambilan keputusan.

"Guna mencapai tujuan tersebut maka latihan geladi Posko I dikembangkan dengan berbagai macam materi yang menghubungkan koordinasi antara lomandan dan staf. Laksanakan koordinasi yang baik antar pelaku dan penyelenggara agar pelaksanaan latihan berjalan dengan baik dan menciptakan suasana latihan yang mendekati realita sebenarnya," ujar Pangdam. 7 pol

Komentar