nusabali

Hipertensi, Akseptor Gagal Dilayani KB

  • www.nusabali.com-hipertensi-akseptor-gagal-dilayani-kb

AMLAPURA, NusaBali - Bidang PPKB (Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem memberikan pelayanan KB (keluarga berencana) di Puskesmas Pembantu Banjar Babakan, Desa Peringsari, Kecamatan Selat, Karangasem, Kamis (21/9).

Pelayanan melibatkan unsur BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana) dan TNI. Dalam pelayanan keliling itu, beberapa akseptor usia subur, gagal dilayani karena hipertensi. Sedangkan akseptor yang dapat diyalani 35 akseptor.  

Kegiatan dikoordinasikan Kabid PPKB I Wayan Ariawan Adi. Dia dibantu bidan BKKBN Ni Wayan Eka Pratiwi, Bidan Desa Peringsari Ni Made Karang, anggota PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana) Kecamatan Selat I Nyoman Artana, anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Desa Peringsari Sertu I Nengah Sukanta, koordinator kegiatan dari Bati (Bintara Tinggi) Bhakti TNI Siterdim (Staf Teritorial Kodim) Serma Kadek Suarmaja dan sejumlah kader Posyandu Desa Peringsari.

Perbekel Peringsari I Wayan Bawa yang mengoordinasikan kedatangan warga yang masuk kelompok pasangan usia subur. Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiana menyiapkan tenaga kesehatan guna memperlancar pelayanan.

Dari puluhan akseptor yang datang, beberapa gagal terlayani karena mengalami hipertensi. Sehingga yang mendapatkan pelayanan hanya 35 akseptor, masing-masing 17 akseptor menggunakan IUD (intrauterine device) atau berbentuk spiral dan 18 akseptor menggunakan implant, alat kontrasepsi yang terpasang di bawah lengan berbentuk kapsul silastik yang lentur.

Pelayanan KB keliling yang bersinergi dengan TNI Angkatan Darat, menurut Perwira Seksi Inteligen Kodim Karangasem Kapten Inf Arif Budi Santoso, untuk mewujudkan keluarga sehat untuk Indonesia kuat. Dalam pelayanan KB itu juga ada pembinaan ketahanan keluarga pendewasaan usia perkawinan, pengaturan angka kelahiran, mewujudkan keluarga kecil bahagia, dan meningkatkan kesehatan keluarga.

Perbekel Peringsari I Wayan Bawa mengapresiasi kegiatan itu, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. "Kami yang dimintai bantuan untuk mendatangkan warga yang masuk kelompok usia subur," jelas I Wayan Bawa.

Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiana mengatakan, keterlibatannya di acara itu membantu menyediakan petugas medis untuk kelancaran pelayanan kepada masyarakat. "Kami datangkan petugas bidan desa, guna kelancaran pelayanan KB untuk para akseptor yang datang," jelas Kepala Puskesmas Selat asal Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.7k16

Komentar