nusabali

Gong Kebyar Anak-anak Tampil Memukau

  • www.nusabali.com-gong-kebyar-anak-anak-tampil-memukau
  • www.nusabali.com-gong-kebyar-anak-anak-tampil-memukau

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung menggelar lomba Gong Kebyar Anak-anak antar kecamatan di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Rabu (20/9) malam.

Lomba dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kadis Kebudayaan Klungkung Ketut Suadnyana ditandai dengan pemukulan gong. Pada Rabu malam, menampilkan Sekaa Gong Kebyar Candra Nirwana duta Kecamatan Dawan dan Sekaa Gong Panji Gita Smara duta Kecamatan Klungkung. Penampilan mereka berhasil memukau penonton.

Suadnyana mengatakan, lomba ini merupakan rangkaian program Aksiku (Atraksi Melestarikan Seni dan Kebudayaan). Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir Aksiku di tahun 2023. Total hadiah Rp 28 juta dengan uang pembinaan Rp 350 juta. “Pemenang lomba nantinya mewakili Kabupaten Klungkung dalam Pesta Kesenian Bali,” ujar Suadnyana. Aksiku merupakan program inovasi Dinas Kebudayaan yang merupakan implementasi dari misi Pemkab Klungkung yaitu menguatkan dan meningkatkan eksistensi adat dan budaya. 

Program ini sejalan dengan visi pembangunan Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang bertujuan untuk melestarikan objek pemajuan kebudayaan Bali secara umum. Bupati Suwirta berharap lomba ini bisa memberikan motivasi kepada seniman untuk tetap berkreasi dan memperkaya kesenian di Klungkung. “Selamat berlomba kepada seluruh peserta, tampilkan yang terbaik dalam lomba ini,” ujar Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar