nusabali

Pohon Tumbang Timpa Palinggih di Pura Dalem Pingit

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-palinggih-di-pura-dalem-pingit

BANGLI, NusaBali - Pohon beringin menimpa sejumlah palinggih di Pura Dalem Pingit, Banjar Kebon, Desa Persiapan Pulasari, Kecamatan Tembuku, Bangli, Rabu (20/9) sekitar pukul 18.45 Wita. Palinggih tersebut baru habis direnovasi total dan akan diplaspas dalam waktu dekat.

Kelian Adat Banjar Kebon Kangin I Dewa Gede Tirta mengatakan pohon tumbang berupa pohon kresek (sejenis beringin). Pohon tersebut tumbang diperkirakan karena faktor usia. "Sebelum kejadian, tidak ada angin atau hujan. Pohon ini berusia sekitar 200 tahun. Kebetulan saya yang melihat kejadian tersebut. Saat itu kami sedang mempersiapkan sarana untuk upacara melaspas," ungkapnya.

Adapun bangunan/palinggih yang tertimpa berupa Ratu Gede, Ratu Nyoman Sakti Pengadengan, palinggih Pangaruman, Palinggih Dasar, dan Bale Paselang. Menurut Dewa Gede Tirta, krama Banjar Kebon Kangin baru merenovasi total di Pura Dalem Pingit. Bahkan direncakan akan dilakukan upacara Mlaspas pada Saniscara Wage, Wuku Tambir, Sabtu (23/9). "Bangunan ini baru didirikan dan mau diplaspas lagi dua hari. Akibat kejadian ini kerugian material sekitar Rp 400 juta," sebutnya.

Karena peristiwa itu, upacara Mlaspas akan ditunda. Selain itu akan dilakukan pengecekan bangunan apakah masih bisa digunakan atau tidak. "Karena keadaan seperti ini, maka upacara ditunda. Saat ini masih proses pembersihan dahan pohon," sambungnya. Di sisi lain, petugas BPBD dan Damkar Bangli bersama warga melakukan evakuasi dahan pohon tersebut. 7esa.

Komentar