nusabali

Keluarga di Tampaksiring Ungkap Rasa Bangga

Hari Ini Dewa Tagel Wirasa Dilantik Jadi Pj Bupati Gianyar

  • www.nusabali.com-keluarga-di-tampaksiring-ungkap-rasa-bangga

Upacara pelantikan Pj Bupati Gianyar juga akan dirangkaikan dengan Sertijab dari Bupati sebelumnya I Made Mahayastra kepada Pj Bupati I Dewa Tagel Wirasa

GIANYAR, NusaBali
Rasa bangga diungkapkan keluarga Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Bali, I Dewa Tagel Wirasa yang, Rabu (20/9) hari ini akan dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Gianyar. Pada, Selasa (19/9) NusaBali berkesempatan mengunjungi rumah keluarga Penjabat (Pj) Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa terletak di Banjar Saraseda, Desa/Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. Lokasi rumah masa kecil Dewa Tagel Wirasa hanya beberapa ratus meter sebelum masuk DTW Pura Tirta Empul.

Rumah ini tampak asri, jauh dari hiruk pikuk padatnya lalu lintas kendaraan. Saat berkunjung Selasa kemarin, suara serangga jenis nongcret terdengar menyapa. Setelah menapaki beberapa anak tangga, di rumah Bali yang dilengkapi Jineng atau Lumbung Padi ini sedang persiapan upacara nasarin dapur atau peletakan batu pertama pembangunan dapur.

Foto: Suasana rumah Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa di Banjar Saraseda, Desa/Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Selasa (19/9). -NOVI ANTARI

Desak Ketut Resi, kakak kandung Dewa Tagel mengatakan sudah jauh-jauh hari mendengar adiknya termasuk kandidat calon Pj Bupati Gianyar. Kini setelah dipastikan menggantikan posisi Made Agus Mahayastra yang masa jabatan periode pertamanya sebagai Bupati Gianyar berakhir, keluarga di Tampaksiring mengaku sangat bangga. "Tentu sebagai keluarga kami merasa bangga atas capaiannya," ujarnya. Namun Desak Resi merasa tugas adiknya ini berat memimpin Gianyar 1,5 tahun ke depan. Walaupun demikian, dia yakin adiknya mampu. "Dia kalau sudah ditugasi pasti dijalankan sepenuh hati," jelasnya.

Menurut Desak Resi, adiknya ini memang cerdas sejak kecil. Setelah menyelesaikan sekolah di SDN 1 Tampaksiring, SMPN 1 Tampaksiring, Dewa Tagel diterima di SMAN 3 Denpasar. "Memang orangnya baik, panutan keluarga. Pendiam, ndak banyak bicara. Tapi dari kecil memang pinter, cerdas," ungkapnya.

Selama ini, Dewa Tagel menetap di Denpasar. Setelah menjadi Pj Bupati, Dewa Tagel diperkirakan akan sering singgah di Tampaksiring. "Mereka punya rumah di Denpasar. Tapi kalau ada odalan atau undangan adat, mereka selalu pulang ke sini," jelasnya.

Dalam kurun waktu seminggu ini, Dewa Tagel pulang sudah dua kali. "Tanggal 14 September dan dua hari lalu," ujar Desak Resi. Dari obrolan bersama keluarga, Dewa Tagel ada menyampaikan keinginan akan menghabiskan masa pensiun nanti di kampung halaman. Untuk itu, rumah peninggalan orangtua mereka, yakni almarhum Dewa Nyoman Jaya dan Sang Ayu Putu Latri ini akan direnovasi. "Pertama akan dibangun dapur baru, kemudian kamar. Katanya pas pensiun mau tinggal di sini," imbuh Desak Resi.

Sementara pelantikan Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa akan dilakukan Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali, Niti Mandala, Denpasar, Rabu pagi ini pukul 10.00 Wita. Kepala Biro Umum dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Bali, I Wayan Budiasa, menyampaikan runtutan upacara pelantikan Pj Bupati Gianyar tidak jauh berbeda seperti upacara pelantikan Pj Gubernur Bali oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Jakarta, 5 September 2023 lalu.

"Acara tidak beda jauh dengan pelantikan Pj Gubernur di Jakarta," jelas Budiasa saat gladi upacara pelantikan Pj Bupati Gianyar, di Gedung Wiswa Sabha, Selasa  sore kemarin. Adapun upacara pelantikan akan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) penunjukan Pj Bupati Gianyar dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan. Budiasa menjelaskan upacara pelantikan Pj Bupati Gianyar akan dirangkaikan dengan pelantikan Pj Ketua TP PKK dan Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gianyar.

Setelahnya juga ada penyerahan penghargaan kepada Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar sebelumnya Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra yang diberikan oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Ida Setiawati. Ny Ida Setiawati lanjut memberikan sambutan yang kemudian diikuti sambutan dari Pj Gubernur Bali.

Pelaksanaan gladi kemarin tidak dihadiri Pj Gubernur Bali Mahendra Jaya maupun Kepala BPKAD Bali I Dewa Tagel Wirasa yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Pj Bupati Gianyar. Sementara Ny Ida Setiawati tampak hadir belakangan.

Budiasa mengatakan, Pj Gubernur Bali dan Kepala BPKAD Bali sedang ada agenda rapat sehingga posisi mereka digantikan oleh staf Biro Umum dan Protokoler dalam gladi kemarin. "Beliau berdua masih ada agenda rapat, sehingga sementara digantikan oleh teman-teman dari protokol sebagai perwakilan sementara untuk gladi. Namun demikian gladi ini kan sifatnya umum dan nanti ada laporan kepada beliau bagaimana prosesinya besok (hari ini)," ungkap Budiasa. Ia menambahkan, upacara pelantikan Pj Bupati Gianyar juga akan dirangkaikan dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Bupati Gianyar sebelumnya I Made Mahayastra kepada Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa. Dalam sertijab tersebut Pj Bupati Gianyar akan menerima buku memori dari Bupati Gianyar sebelumnya.

"Besok (hari ini) termasuk serah terima memori jabatan. Sampai saat ini konfirmasi semuanya (Bupati Gianyar sebelumnya dan Pj Bupati Gianyar) hadir," tandas Budiasa. Seperti diberitakan sebelumnya Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Bali I Dewa Tagel Wirasa ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Pj Bupati Gianyar menggantikan Bupati Gianyar I Made Mahayastra yang habis masa tugasnya pada 20 September 2023. I Dewa Tagel Wirasa merupakan putra daerah Gianyar asal Desa/Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. Namanya diajukan oleh Gubernur Bali periode 2018-2023 Wayan Koster untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Gianyar hingga adanya Bupati Gianyar definitif pada 1 Januari 2025 nanti. Sementara itu sebagai Pj Bupati Gianyar Tagel Wirasa nantinya akan memiliki hak yang sama seperti Bupati Gianyar definitif. 7 nvi, cr78

Komentar