nusabali

Timnas Cricket Putri Menang Telak di Asian Games, Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi Tampil Gemilang

  • www.nusabali.com-timnas-cricket-putri-menang-telak-di-asian-games-ni-luh-ketut-wesika-ratna-dewi-tampil-gemilang

HANGZHOU, NusaBali.com - Atlet-atlet asal Bali menjadi penentu kemenangan Timnas Cricket Putri Indonesia atas Mongolia di laga perdana Asian Games 2023 yang dimainkan di Universitas Zheijang, Hangzhou, Selasa (19/9/2023).

Atlet asal Klungkung, Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi, menjadi pemain dengan catatan runs terbanyak untuk timnas Indonesia, yakni 62 runs. 

Setelah Dewi, ada Ni Putu Ayu Nanda Sakarini menjadi pemilik catatan runs terbanyak di laga itu dengan 35 runs.

Kedua pemain asal Bali ini menjadi tulang punggung timnas Indonesia untuk meraih kemenangan telak 187/4 - 15/10 atas Mongolia. Kemenangan ini membuka peluang Indonesia untuk lolos ke perempat final.

Selain Dewi dan Sakarini, terdapat tujuh atlet asal Bali lainnya yang turut memperkuat timnas putri kriket Indonesia. Mereka adalah Ni Wayan Sariani, Lie Qiao, Ni Kadek Ariani, Desi Wulandari, Sang Ayu Nyoman Maypriani, Ni Kadek Fitria Rada Rani, dan Kadek Winda Prastini.

Atlet-atlet ini merupakan bagian dari program regenerasi yang dilakukan Persatuan Cricket Indonesia (PCI). Mereka telah menjalani latihan intensif selama beberapa bulan terakhir.

Afie Fiermansyah, General Manager Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), menegaskan target timnas kriket putri untuk mencapai semifinal Asian Games 2023 di Hangzhou, China. Meskipun mereka akan menghadapi tantangan berat dari tim-tim besar seperti India, Sri Lanka, Pakistan, dan Bangladesh, Afie berharap timnas Indonesia bisa tampil maksimal.

"Kami berangkat ke China dengan semangat tinggi. Target kami di Asian Games adalah masuk semifinal," ujarnya.

Setelah kemenangan ini, tim Indonesia menghadapi Malaysia yang juga mengalahkan  Hong Kong 22 run (104/9-82/10) di Grup B. Pertandingan Indonesia vs Malaysia akan memperebutkan satu tiket ke perempat final.

Pada Asian Games 2018, cabang olahraga cricket tidak dipertandingkan sama sekali. Asian Games 2022 merupakan ketiga kalinya cricket dipertandingkan di pesta olahraga Asia ini, setelah sebelumnya sempat dipertandingkan pada 2010 dan 2014.

Timnas putri sendiri berisikan 15 atlet. Kualitas mereka dilihat dari penampilan saat SEA Games 2023 Kamboja dan Pra PON pada akhir September dan awal Agustus lalu. Rata-rata atlet yang memperkuat timnas putri cricket berasal dari Bali. 

Komentar