nusabali

Pura Pasek Terbakar, Pratima Selamat

  • www.nusabali.com-pura-pasek-terbakar-pratima-selamat

Bencana ini berawal terjadi kebakaran lahan 50 are berisi tanaman mete, mangga, dan semak-semak kering.

AMLAPURA, NusaBali - Pura Dadia Pasek Gelgel di Banjar Cutcut, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Minggu (17/9) pukul 17.05 Wita, terbakar. Meski demikian, benda-benda sakral berupa pratima selamat karena disimpan di tempat lain.

Api hanya membakar palinggih Gedong Petilasan. Sedangkan lima palinggih lain dan satu bangunan Pawaregan, selamat. Warga setempat I Nengah Masa yang melaporkan kebakaran itu. Petugas berjaga-jaga di Pos Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Eka Putra yang menerima laporan, langsung bergegas ke lokasi kejadian di bawah koordinasi Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran I Wayan Putu Darma Kartika.

Informasi di lapangan, bencana ini berawal terjadi kebakaran lahan 50 are berisi tanaman mete, mangga, dan semak-semak kering. Mengingat kebakaran lahan itu di dekat Pura Dadia Pasek Gelgel, kobaran api terus menjalar dan percikannya tertiup angin. Api pun hinggap ke palinggih Gedong Petilasan. Saat petugas pemadam kebakaran Karangasem di bawah koordinasi Kasi PKPE I Wayan Putu Darma Kartika tiba di lokasi, palinggih tersebut telah hangus terbakar, tinggal bara api dan arang. Petugas tetap memadamkan api sehingga tidak menjalar ke palinggih dan Pawaregan. Satu unit rumah penduduk, dekat pura, juga selamat. Petugas juga memadamkan kebakaran lahan di sekitar pura tersebut. "Informasi di lapangan, tidak ada pratima yang terbakar, kami juga memadamkan api yang membakar lahan di sekitar pura, sehingga habis 11.000 liter air," jelas Kasi PKPE I Wayan Putu Darma Kartika.

Hadir pula saat itu, Kelian Pangempon Pura Dadia Pasek Gelgel I Ketut Jamin, Kelian Banjar Cutcut I Nengah Musna, anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Desa Ban, Kecamatan Kubu Sersan Dua Adolpino, dan Perbekel Ban I Gede Tamu Sugiantara.

Seringnya di Kecamatan Kubu terjadi kebakaran lahan, salah satu tokoh Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu I Wayan Rumantik berharap ke depan, agar membangun Pos Pemadam Kebakaran di Kecamatan Kubu. Sebab, penanganan selama ini sering terlambat, mengingat jarak Amlapura dengan Kecamatan Kubu sekitar 32 kilometer. "Sebaiknya ada Pos Pemadam Kebakaran Kecamatan Kubu, agar lebih cepat memberikan pelayanan," harap Rumantik.

Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem I Made Agus Budiasa merespons masukan itu. "Nanti saya pertimbangkan, terima kasih masukannya," jelas I Made Agus Budiasa.7k16

Komentar