nusabali

Timnas U-17 Sapa Dunia dari Surabaya, Laga Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo

  • www.nusabali.com-timnas-u-17-sapa-dunia-dari-surabaya-laga-grup-a-piala-dunia-u-17-di-stadion-gelora-bung-tomo

JAKARTA, NusaBali.com – Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, akan menjadi saksi perjuangan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Tim Garuda Muda tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

"Kita akan lihat pertandingan satu per satu. Hasil drawing di satu sisi memberikan kans bagi Indonesia untuk bisa berbicara lebih jauh. Kuncinya ada persiapan di Jerman. Saya yakin kita akan mendapatkan hasil maksimal di Jerman dengan beruji coba melawan tim-tim dari Amerika Latin dan Afrika," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Sabtu (16/9/2023).

Meskipun terhindar dari grup neraka, Timnas U-17 Indonesia tetap harus bekerja keras untuk meraih hasil maksimal. Ekuador, Panama, dan Maroko adalah tim-tim yang memiliki kualitas bagus.

Ekuador adalah tim yang memiliki tradisi sepakbola yang kuat. Mereka pernah menembus babak 16 besar Piala Dunia U-17 pada tahun 2015. Panama adalah tim yang memiliki kecepatan dan teknik yang baik. Mereka pernah menembus babak 16 besar Piala Dunia U-17 pada tahun 2017. 

Maroko adalah tim yang memiliki pemain-pemain yang tangguh dan atletis. Mereka pernah menembus babak perempat final Piala Dunia U-17 pada tahun 2021.

Timnas U-17 memiliki peluang untuk lolos dari fase grup. Namun, mereka harus bermain dengan konsisten dan disiplin.

Timnas U-17 akan menjalani tiga laga krusial di GBT. Pada laga pembuka, mereka akan menghadapi Ekuador. Laga ini akan menjadi ujian pertama bagi Timnas U-17 Indonesia.

Pada laga kedua, Timnas U-17 akan menghadapi Panama. Laga ini akan menjadi laga hidup mati bagi Timnas U-17. Jika mereka bisa meraih kemenangan, maka peluang mereka untuk lolos dari fase grup akan terbuka lebar.

Pada laga terakhir, Timnas U-17 akan menghadapi Maroko. Laga ini akan menjadi laga penentuan bagi Timnas U-17. Jika mereka bisa meraih kemenangan, maka mereka akan lolos dari fase grup sebagai juara grup.

Jika jadi juara grup, Iqbal Gwijangge cs. akan kembali berlaga di Kota Pahlawan. Sementara itu, jika berstatus sebagai runner-up atau peringkat tiga terbaik, Tim Merah-Putih akan bertarung di Stadion Manahan, Solo.

Jika melihat jadwal pertandingan Piala Dunia U-17 2023, Timnas U-17  punya waktu istirahat pendek di sepanjang penyisihan, hanya dua hari. Duet Bima Sakti dan Frank Wormuth punya pekerjaan rumah menjaga stabilitas stamina para pemain Timnas U-17, mengingat tiga duel yang dilakoni pasti akan berlangsung dengan intensitas tinggi.

Semifinal dan final/perebutan posisi ketiga World Cup U-17 dipastikan dihelat di Stadion Manahan, Solo. Semifinal diputar pada Selasa (28/11). Untuk perebutan posisi tiga besar digelar Jumat (9/12). Sehari berselang laga lain partai puncak digelar.

Sementara itu, Jakarta Internasional Stadium menjadi homebase negara-negara yang tergabung di persaingan Grup C (Brasil, Inggris, Iran, Kaledonia Baru) dan E (Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Burkina Faso).

Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Bandung menjadi host penyisihan Grup D (Jepang, Argentina, Senegal, Polandia) serta F (Meksiko, Jerman, Selandia Baru, Venezuela).

Babak penyisihan Piala Dunia U-17 dibagi enam grup dengan masing-masing grup dihuni empat tim perwakilan masing-masing pot. Di babak penyisihan grup, enam tim juara grup, enam runner-up, dan empat tim peringkat tiga terbaik berhak melaju ke babak 16 besar.

Suporter akan menjadi faktor penting bagi Timnas U-17. Dukungan suporter akan membuat Timnas U-17 semakin termotivasi untuk meraih hasil maksimal.

Timnas U-17 akan membutuhkan dukungan penuh dari suporter untuk mewujudkan mimpi menjadi juara Piala Dunia U-17 2023.

Turnamen di Indonesia tahun ini akan menjadi edisi ke-19 dari Piala Dunia U-17 yang kali pertama diselenggarakan pada 1985. Indonesia  menjadi satu-satunya kontestan yang statusnya negara debutan.

Berikut adalah jadwal pertandingan Timnas U-17 Indonesia di Grup A Piala Dunia U-17 2023:
  • • Jumat, 10 November 2023: Indonesia vs Ekuador
  • • Senin, 13 November 2023: Indonesia vs Panama
  • • Kamis, 16 November 2023: Maroko vs Indonesia


Komentar