nusabali

Pensiun dari Dunia Politik, Gde Agung Gelontor Beasiswa

  • www.nusabali.com-pensiun-dari-dunia-politik-gde-agung-gelontor-beasiswa

SINGARAJA, NusaBali - Menjelang pensiun dari dunia politik, Anggota Komite III DPD RI, AA Gde Agung masih roadshow ke daerah-daerah menyalurkan 158 beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) untuk pelajar jenjang SD, SMA dan SMA/SMK di Buleleng, Rabu (13/9).

Dari 224 usulan beasiswa di luar perguruan tinggi yang masuk kepadanya, yang baru lolos seleksi sebanyak 158 orang. Sementara untuk PIP kuliah masih dalam proses. Penyerahan secara simbolis dilakukan di SDN 3 Depeha, SMPN 3 dan SMPN 5 Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Sertifikat PIP diterima langsung pelajar bersangkutan disaksikan kepala sekolah dan guru. Gde Agung berpesan agar program dari pemerintah era Presiden Jokowi lewat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) itu dimanfaatkan secara maksimal.

“Pendidikan sangat menentukan masa depan bangsa dan negara. Saya di Komite III DPD RI murni mewakili rakyat di Senayan akan terus mendorong suksesnya program yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegas Panglingsir Puri Mengwi, Kecamatan Mengwi, Badung ini dalam keterangan tertulis, Kamis (14/9). 

Saat menuju Indonesia Emas 2045, kata Gde Agung, jangan ada anak yang putus sekolah atau tidak mengenyam pendidikan, walaupun dalam keadaan miskin ekstrem sekalipun. Karena banyak celah yang bisa dimanfaatkan, salah satunya beasiswa pemerintah. "Saya tidak ada motif kampanye, karena saya pensiun di dunia politik. Apa yang saya lakukan, apalagi jauh-jauh dari Mengwi ke Buleleng didorong oleh keinginan murni mengabdi untuk Bali," ujar Gde Agung. 

Sementara Kepala SDN 3 Depeha, I Wayan Seridana, apresiasi AA Gde Agung karena telah memfasilitasi 50 peserta didiknya mendapatkan beasiswa PIP dengan nominal Rp 450 per peserta didik yang telah masuk ke rekening masing-masing penerima. Senada, Kepala SMPN 3 Kubutambahan Dewa Putu Karma dan Kepala SMPN 5 Kubutambahan Gede Suadnyana, mengaku beasiswa PIP sangat membantu meringankan beban orangtua yang rata-rata petani. 

Jika merujuk pada jadwal pencairan tahun lalu, PIP Kemdikbud 2023 yang cair ini merupakan penyaluran untuk tahap kedua. Nominal bantuan PIP berbeda-beda bagi setiap jenjang pendidikan. Untuk SD/SDLB/Paket A menerima Rp 450 ribu. Untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp 225 ribu.  Kemudian SMP/SMPLB/Paket B menerima Rp750 ribu, untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp375 ribu. Sementara untuk SMA/SMK/SMALB/Paket C  menerima Rp1 juta, untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp 500 ribu.n nat

Komentar