nusabali

Kapolres Badung Sowan ke Puri Ageng Mengwi

  • www.nusabali.com-kapolres-badung-sowan-ke-puri-ageng-mengwi

MANGUPURA, NusaBali.com – Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono yang baru menjabat selama dua bulan kurang 8 hari melanjutkan safari kamtibmas ke Puri Ageng Mengwi, Senin (8/5/2023) pagi.

Kedatangan mantan Wakapolres Tuban, Jawa Timur ke puri pewaris Kerajaan Mengwi itu disambut langsung oleh AA Gde Agung, panglingsir puri sekaligus anggota Komite III DPD RI.

“Kehadiran kami di Puri Ageng Mengwi untuk memperkenalkan diri sehingga dapat terjalin kerja sama memelihara kamtibmas,” ujar perwira menengah Polri kelahiran Nganjuk, Jawa Timur 47 tahun silam.

Gde Agung selaku panglingsir Puri Ageng Mengwi pun membuka lebar pintu puri untuk sama-sama menjaga keamanan di wilayah hukum Polres Badung. Sebab, baik Polres Badung dan Puri Ageng Mengwi sudah menjadi tradisi dalam hal membangun kerja sama.

Puri di sebelah barat Pura Taman Ayun ini menjadi destinasi wajib para pimpinan militer dan semi-militer di tingkat Kabupaten Badung dan Provinsi Bali dari waktu-waktu. Meskipun sudah tidak memiliki kekuatan faktual seperti di masa lalu, jaringan warga puri masih kuat di akar rumput.

Puri Ageng Mengwi adalah induk dari beberapa puri cabang maupun jero yang tersebar di bekas wilayah Kerajaan Mengwi dan masih terhubung hingga kini. Maka tidak heran posisinya masih diperhitungkan oleh pejabat dan pemangku kepentingan di masa sekarang.

“Saya harap dengan kunjungan ini dapat mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin baik khususnya antara Puri Ageng Mengwi dan Polres Badung,” ungkap mantan Bupati Badung dua periode.

Teguh pun mengakui menjalin sinergi dengan Puri Ageng Mengwi guna mendukung keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Sebagai tokoh puri yang sudah melihat pergantian pimpinan Polri di Resor Badung dari masa ke masa, Teguh pun mengaku terbuka menerima saran dan kritikan dari Gde Agung. *rat

Komentar