nusabali

Golkar Bangli Siapkan 1.604 Saksi Berlipat

Kawal Rekapitulasi Suara di TPS pada Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-golkar-bangli-siapkan-1604-saksi-berlipat

BANGLI, NusaBali - Kemenangan pemilu salah satu kuncinya adalah mengawal ketat rekapitulasi suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk itu DPD II Partai Golkar Bangli akan mengerahkan 1.604 saksi yang akan ditugaskan mengamankan suara partai dan caleg di TPS pada Pemilu 2024. Selain saksi di TPS, masih akan dilapis oleh kekuatan koordinator di tingkat desa, kecamatan serta kabupaten.. 

“Total kami siapkan 1.850 personil. Dua orang saksi di TPS, koordinator saksi di desa/kelurahan, koordinator kecamatan dan kabupaten. Partai Golkar saat ini tidak kesulitan untuk merekrut tenaga saksi. Karena Golkar punya kader yang siap menjadi saksi setiap event pemilu, mereka adalah para militan di Golkar,” ujar  Ketua Badan Saksi Nasional (BSN) DPD II Golkar Bangli, I Nengah Darsana, di Bangli, Senin (11/9).

Dia mengatakan, rekrutmen saksi oleh DPD II Golkar Bangli untuk menindaklanjuti instruksi dari DPP dan DPD I Golkar Bali. Sehingga rekrutmen dan penyiapan saksi-saksi TPS di Kabupaten Bangli saat ini sedang dikebut. Menurut Darsana, di Bangli terdapat 802 TPS pada Pemilu 2024. “Sesuai instruksi, di masing-masing TPS disiapkan minimal 2 orang saksi. Dengan begitu jumlah saksi di TPS sebanyak 1.604 saksi,” beber Darsana. 

Kata Darsana, untuk di tingkat desa/kelurahan disiapkan koordinator saksi 1-3 orang yang tergantung dengan luasan wilayah. Kemudian di kecamatan dan kabupaten disiapkan 5 orang. "Di masing-masing desa/kelurahan kami juga membentuk koordinator saksi, tersebar di 72 desa/kelurahan. Termasuk juga koordinator di kecamatan sebanyak 5 orang. Kita hitung per daerah pemilihan dapil, serta saksi untuk tingkat kabupaten," imbuh politisi senior asal Desa Landih, Kecamatan Bangli ini.

Menurut Darsana, Golkar Bangli selama ini memiliki saksi militan yang bertugas hampir di setiap hajatan politik. Sehingga mereka rata-rata sudah punya pengalaman.

Untuk Pemilu 2024 nanti, para saksi Golkar akan menggunakan kekuatan saksi yang mengerti teknologi. "Minimal saksi kita nanti paham menggunakan HP android, karena kami akan menggunakan aplikasi. Tentu akan lebih mudah dalam menginput data," ujar Anggota DPRD Bangli ini.

Darsana menegaskan Partai Golkar Bangli sudah sangat siap dan solid untuk menyambut hajatan Pemilu 2024.  Lanjut dia, untuk proses rekrutmen sudah berlangsung dan dikoordinir oleh masing-masing pimpinan desa (PD). Para saksi ini nantinya akan mengikuti pembekalan. 7esa.

Komentar