nusabali

Puskeswan Cek Vaksin PMK dan Pasang Eartag

  • www.nusabali.com-puskeswan-cek-vaksin-pmk-dan-pasang-eartag

GIANYAR, NusaBali - Kepala Puskeswan Kecamatan Payangan drh I Wayan Widnyana dan tim melakukan pendataan dan pemasangan eartag pada ternak sapi pasca vaksinasi penyakit kuku dan mulut (PMK) di Banjar Subilang, Desa Bukian, Kecamatan Payangan, Gianyar, Senin (11/9).

Sapi yang sudah dicek dikenakan tanda pengenal atau identitas pada ternak. Eartag Scure QR Code ini terhubung secara digital melalui aplikasi yang bernama ‘Identik PKH’ pada handphone android. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi ternak-ternak yang telah divaksin melalui Kartu Vaksin Virtual yang dapat dilihat oleh siapa pun dengan aplikasi tersebut.

drh Wayan Widnyana mengimbau pemilik ternak agar selalu menjaga kesehatan ternaknya. "Peternak agar menjaga kebersihan kandang dan memisahkan atau mengkarantina ternak yang baru beli," pesannya. Pengecekan ini didampingi Babinsa Bukian Peltu I Wayan Swantara.


Jumlah ternak sapi yang divaksin yaitu vaksin sapi tahap 1 sebanyak 59 ekor, vaksin sapi tahap 2 sebanyak 20 ekor, vaksin sapi tahap 3 sebanyak 7 ekor, dan vaksin sapi tahap 4 sebanyak 125 ekor. "Total keseluruhan sapi yang didata dan diberi tanda sebanyak 211 sapi, sedangkan eartag yang terpasang di telinga sapi sebanyak 59 ekor," jelas drh Wayan Widnyana. 7 nvi

Komentar