nusabali

PDIP Gelar Rakernas pada 29 September 2023

Luncurkan 38 Mobil Bioskop untuk Sosialisasikan Pilar Kebangsaan

  • www.nusabali.com-pdip-gelar-rakernas-pada-29-september-2023

PDIP akan meluncurkan 38 mobil bioskop di seluruh Indonesia pada Oktober 2023, bertepatan dengan pembukaan masa kampanye.

SERANG, NusaBali
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV pada Jumat, 29 September 2023. Rakernas tersebut di antaranya akan membahas soal pembekalan calon anggota legislatif (caleg), dan strategi memenangkan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

“Kalau tidak salah tanggal 29 September karena tanggal 28 itu bertepatan dengan Maulid Nabi, nanti tolong dikoreksi. Karena bertepatan Maulid Nabi maka tanggal 29 itu diadakan Rakernas dengan tema untuk kesejahteraan rakyat,” kata Hasto ditemui di Kantor DPD PDIP Provinsi Banten, Kota Serang, Minggu (10/9/2023).

Adapun Rakernas IV PDIP itu mengusung tema ‘Membangun Kedaulatan untuk Kesejahteraan Rakyat’. Rakernas tersebut akan bertempat di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurutnya, tema Rakernas kali ini diambil sekaligus untuk memperingati Hari Tani yang jatuh pada 24 September. Dia menilai tema tersebut sangat penting karena juga menyangkut pangan dan hajat hidup rakyat.

“Pada hari pertama akan membahas tentang pangan, tentang pemberdayaan petani, tentang bagaimana juga penggunaan teknologi tepat guna bagi kepentingan petani untuk meningkatkan produksinya,” ujar Hasto.

Lalu, hari kedua, Rakernas akan membahas soal pembekalan calon anggota legislatif (caleg). Hal ini agar para caleg PDIP memahami peta di setiap daerah pemilihan (dapil).

Tidak hanya itu, hari kedua Rakernas juga membahas soal strategi memenangkan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

“Baru pada hari ketiga rekomendasi, bahwa Rakernas akan dilakukan bertempat di Kemayoran,” ucap Hasto.
Dia mengungkapkan partai berlambang banteng moncong putih itu telah mempersiapkan gelaran Rakernas IV PDIP sejak lama. Rakernas ini juga masuk dalam agenda besar lima tahunan partai.

Sebelumnya, PDIP juga telah menggelar Rakernas III pada Juni Lalu. Rakernas saat itu dilakukan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan bertema ‘Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara oleh Negara’.

Hasto mengungkapkan bahwa PDIP akan meluncurkan 38 mobil bioskop di seluruh Indonesia pada Oktober 2023.

“Oktober nanti bertepatan dengan pembukaan masa kampanye ini akan kami munculkan mobil bioskop. Setiap provinsi akan dapat satu, semoga bisa lebih cepat,” kata Hasto.

Politisi asal Jogjakarta itu bercerita ide mobil bioskop tersebut pertama kali terbesit di benak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Saat itu Megawati melihat layar tancap masih banyak diminati oleh masyarakat.

Untuk itu, Megawati memberi arahan kepada Hasto agar membuat mobil keliling yang dapat digunakan sebagai media dalam menyosialisasikan pilar kebangsaan.

“Maka, langsung panggil saya, ‘Ini layar tancap, ini kan bagus untuk sosialisasi tentang Pancasila, kerakyatan, pembelaan kita terhadap kaum wong cilik tentang stunting. Ini kan bagus coba kamu buat’,” tuturnya.

 Hasto menilai Megawati memang memiliki kekuatan imajinasi dan ide dalam berbagai hal. Setelah mendengarkan permintaan itu, PDIP merancang realisasinya.

Dia mengatakan jajaran partai menghubungi perusahaan karoseri untuk membuat truk tersebut. Adapun PDIP sudah menandatangani kontrak untuk pembuatan 38 truk bioskop.

“Langsung menjadi mobil bioskop PDI Perjuangan yang akan kami luncurkan pada bulan Oktober bertepatan dengan (masa) kampanye,” ucap Hasto.

Hasto juga menyatakan PDIP mengadakan gotong royong untuk membuat truk tersebut yang dilakukan secara terbuka. Menurut Hasto, PDIP memiliki prinsip keterbukaan dalam mengadakan barang dan jasa.

“Bisa diaudit, maka kita membangun trust, duitnya tidak melalui saya, langsung kita kirim ke karoseri-nya sehingga akhirnya ini selesai,” tandas Hasto. 7 ant

Komentar