nusabali

Timnas U-23 Tak Mudah Lawan Turkmenistan

Vietnam Tim Pertama Lolos ke Piala Asia U-23 di Qatar

  • www.nusabali.com-timnas-u-23-tak-mudah-lawan-turkmenistan

Shin Tae-yong menilai tim lawan punya persiapan lebih panjang. Mereka punya waktu enam hari menantikan laga lawan Timnas U-23. Beberapa pemain yang bertanding bersama tim senior Turkmenistan akan bergabung.

SOLO, NusaBali
Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong menegaskan laga kontra Turkmenistan tidak akan mudah, meski tim asuhannya punya modal bagus kemenangan telak 9-0 atas Taiwan pada Sabtu (9/9) malam. Meski tidak mudah, Shin yakin Ramadhan Sanata dkk bisa menang. 

Timnas U-23 hanya butuh hasil imbang lawan Turkmenistan untuk mengunci status juara Grup K dan lolos ke putaran final. Piala Asia U-23 akan digelar di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

“Bola itu bundar, tapi kami harus berusaha memberikan laga yang luar biasa kepada pendukung dan masyarakat Indonesia," ujar Shin Tae-yong (STY).

Ya, setelah menggilas Taiwan 9-0, Timnas U-23 akan menghadapi Turkmenistan dalam laga pamungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9) malam. 

Laga lawan Turkmenistan dianggap tidak akan mudah, menurut Shin Tae-yong, karena tim lawan punya persiapan lebih panjang. Mereka punya waktu enam hari untuk menantikan laga lawan Timnas U-23. Sedangkan Garuda Muda hanya punya waktu tiga hari. Tim lawan terakhir kali bertanding pada Rabu (6/9), dengan membantai Taiwan 4-0.

"Memang, Turkmenistan bertandingnya tanggal 6 September, lalu 12 September baru main lawan Timnas Indonesia, dan tentu banyak istirahat. Pasti bisa adaptasi dengan cuaca juga," kata STY, yang asal Korea Selatan itu.

Namun, menurutnya, Timnas bisa meraih kemenangan. Memang bola bundar. Tapi STY tetap akan berusaha maksimal agar tim memperlihatkan permainan yang luar biasa kepada para fans.

“Saya tegaskan (sebelum laga lawan Taiwan) terus-terusan saat latihan dan meeting kita tetap harus fokus 100 persen," ucap STY.

Lebih jauh STY merasa hasil lawan Taiwan bukti, sepakbola Indonesia sudah berkembang. Dia juga mengakui punya tugas memajukan sepakbola Indonesia dan merasa tim Merah-Putih berkembang.

"Kemenangan dengan skor besar hari ini menunjukkan sepakbola Indonesia sedang berkembang dari level sebelumnya," kata STY.

STY juga mengucapkan terima kasih atas perjuangan para pemain. Rizky Ridho dkk. dinilai sudah bekerja keras.

Ketua PSSI Erick Thohir meminta tim Garuda Muda tidak terlena usai pesta gol di gawang Taiwan. Erick tak mau hasil melawan Taiwan membuat terlena.

"Jangan sampai kemenangan 9-0 ini membuat kita terlena, tanggal 12, Turkmenistan bukan tim yang bisa dianggap sebelah mata, mereka menang 4-0 waktu itu. Beberapa pemain yang bertanding bersama tim senior (Turkmenistan) akan bergabung Tim U-23 mereka," kata Erick.

Erick juga menilai bahwa skuad saat ini adalah generasi emasnya Indonesia. Dia berharap permainan bagus juga tersaji melawan tim besar. Erick mengingatkan timnas pernah belajar saat lawan Argentina. Dia meminta para pemain serius dan fokus pada laga selanjutnya. 

Sementara itu, Timnas U-23 Vietnam jadi tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Jadi tuan rumah Grup C, Vietnam tak menemui kendala berarti. Usai menang 6-0 atas Guam pada matchday pertama, The Golden Star menang 1-0 atas Yaman pada matchday kedua.

Kini Vietnam di puncak klasemen Grup K dengan enam poin. Posisi Vietnam tak bisa dikejar Yaman dengan satu laga tersisa karena kalah selisih gol. Guam dan Singapura, yang baru dapat satu poin, juga tak dapat mengejar Vietnam.***

Komentar