nusabali

Polantas Jembrana Gencarkan Penling

  • www.nusabali.com-polantas-jembrana-gencarkan-penling

NEGARA, NusaBali - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jembrana menggelar berbagai kegiatan serangkaian Operasi Zebra Agung 2023. Di samping penindakan tilang secara elektronik, juga digelar penerangan keliling (Penling) di jalan, sekolah, maupun tempat-tempat umum.

Seperti dilaksanakan di traffic light simpang Batuagung, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Minggu (10/9) pagi. Dalam kegiatan Penling itu, petugas yang membawa pengeras suara memberikan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan.

Masyarakat diharapkan agar menjaga disiplin berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas. Selain imbauan secara lisan, petugas juga membagikan selabaran tentang aturan lalu lintas. Terutama aturan-aturan yang bertalian dengan keselamatan berkendara.

Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Ni Putu Meipin Ekayanti mengatakan, Operasi Zebra Agung tahun ini digelar selama 14 hari mulai Senin (4/9) hingga Minggu (17/9) mendatang. Selain upaya pencegahan dengan melakukan penling, pihaknya memastikan ada langkah penindakan terhadap pelanggar lalu lintas.

"Kita lakukan penindakan dengan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) mobile. Jadi penindakan, dilakukan tilang secara elektronik dan disertai bukti pelanggaran," ujar AKP Meipin. 

Dalam Operasi Zebra Agung kali ini, AKP Meipin menyatakan ada 7 sasaran prioritas pelanggaran yang dibidik jajaranya. Pertama, penggunaan ponsel saat berkendara. Kedua, pengemudi yang masih di bawah umur. Ketiga, sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu.

Keempat, tidak menggunakan helm SNI dan sabuk keselamatan. Kelima, berkendara dibawah pengaruh alkohol. Keenam, melawan arus lalu lintas. Yang ketujuh atau terkahir, melebihi batas kecepatan. "Ini kita lakukan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas. Kita harap masyarakat menjaga keselamatan di jalan sehingga bersama-sama kita menciptakan lalu lintas yang lebih aman bagi semua," ucap AKP Meipin. 7ode

Komentar