nusabali

1.709 Ha Sawah di Tabanan Panen Padi

  • www.nusabali.com-1709-ha-sawah-di-tabanan-panen-padi

TABANAN, NusaBali - 1.709 hektare lahan persawahan di Kabupaten Tabanan akan panen raya padi pada September 2023. Dari jumlah itu, Kecamatan Kediri terluas memasuki panen raya.

Berdasarkan data, panen raya ada di tujuh kecamatan. Rinciannya, Kecamatan Selemadeg Barat akan panen 19 ha, Selemadeg 202 ha, Selemadeg Timur 40 ha, Kerambitan seluas 52 hektar, Kecamatan Tabanan seluas 202 ha, Kecamatan Kediri 1.057 ha atau luasan panen terluas, dan Kecamatan Marga 137 ha. Sedangkan, Kecamatan Baturiti, Penebel, dan Pupuan, tercatat tidak panen pada September ini.

Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Made Subagia mengatakan kecamatan yang memasuki panen pada September ini karena proses tanam padinya pada Juni. "Luasan panen padi ini sama dengan saat tanam. Karena belum ada laporan gangguan serangan organisme pengganggu tanaman (OPT)," jelasnya, Kamis (7/9)

Disebutkan, ribuan hektare sawah yang panen raya  padi ini tentu akan menggembirakan petani. Sebab saat ini harga gabah sedang naik. "Apalagi sekarang sedang kekeringan. Mudah-mudahan membaiknya harga gabah di tingkat petani terus terjaga sehingga petani menjadi untung," harapnya.

Sementara itu, petani sekaligus Pengusaha Penyosohan beras (PB) Boki Murni di Desa Bengkel, Kediri, I Made Merta Suteja mengatakan di Subak Bengkel panen raya pada lahan 320 ha. Tentu panen raya ini disambut antusias petani sebab harga jual gabah sekarang tinggi. "Sekarang harga gabah Rp 6.300 kualitas kering panen," tandasnya.7des

Komentar