nusabali

Geredeg Sarankan Segi Kewilayahan

  • www.nusabali.com-geredeg-sarankan-segi-kewilayahan

Geredeg sendiri mengatakan belum punya minat maju sebagai Cawagub, meski namanya masuk dalam survei DPP Golkar bersama 6 kandidat lainnya

Terkait Cawagub untuk Sudikerta, Pak Oles Dukung Mudarta


DENPASAR, NusaBali
Kader senior Partai Golkar yang juga Ketua Korwil Bali DPP Partai Golkar, I Wayan Geredeg menyarankan Cagub Partai Golkar, I Ketut Sudikerta yang berjuluk SGB (Sudikerta Gubernur Bali) mencari pendamping atas dasar pemetaan wilayah. Geredeg mengatakan wilayah Buleleng paling layak dipertimbangkan ketika menunjuk Cawagub untuk Sudikerta.

Geredeg mengatakan survei kandidat cawagub yang sedang berjalan saat ini memang menjadi rujukan ketika mencari figur pendamping Sudikerta di Pilgub Bali 2018 mendatang. “Tetapi peta wilayah juga wajib dipertimbangkan. Buleleng salah satunya. Buleleng wilayah dengan pemilih terbesar di Bali. Ya harus bisa mempetakan dan menarik pemilih di sana. Maka harus dipertimbangkan kewilayahan itu,” ujar Geredeg di sela-sela perjalanan menuju Pura Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (6/7) kemarin.

Geredeg sendiri mengatakan dirinya belum punya minat maju sebagai Cawagub. Meski namanya masuk dalam survei DPP Partai Golkar bersama 6 kandidat Cawagub lainnya untuk berdampingan dengan Sudikerta. ”Kalau saya sendiri belumlah. Biarkan yang lain menjadi pendamping Sudikerta,” kata mantan Bupati Karangasem dua periode (2005-2010 dan 2010-2015) ini.

Geredeg mengharapkan penetapan Cawagub SGB tidak tunjuk sana tunjuk sini. Harus berdasarkan survei, kemudian peta wilayah yang menyedot fanatisme kedaerahan. “Misalnya Buleleng. Harus dipikirkan itu. Buleleng adalah pemilih terbesar untuk pemilu,” tegas mantan Ketua DPD II Golkar Karangasem ini.

Geredeg berharap yang tampil menjadi paket Sudikerta nanti bisa dari non kader supaya bisa merangkul suara dari luar Golkar. “Saran saya pakai non kader supaya bisa merangkul suara non Golkar. Kan bisa dari partai lain bisa independen,” tegas Geredeg. Sementara munculnya Ketua DPD Demokrat Bali, I Made Mudarta sebagai kandidat Cawagub Sudikerta yang ikut disurvei DPP Partai Golkar membuat kader elite Demokrat memberikan dukungan.

Ketua Bappilu DPD Demokrat Bali, I Gede Ngurah Wididana alias Pak Oles yang juga salah satu kandidat cawagub yang disurvei malah memberikan dukungan untuk Mudarta. “Kalau Pak Mudarta maju Pilgub 2018 kami akan dukung penuh. Itu sudah konsekuensi kader partai namanya,” ujar Pak Oles.

Pak Oles mengatakan sosok Mudarta sebagai Ketua DPD Demokrat Bali memang sudah layak diusung partai maju dalam Pilkada 2018 mendatang. Demokrat Bali tinggal mencari koalisi saja supaya bisa mengusung calon. “Tinggal mencari koalisi saja di Pilgub Bali 2018. Nah ini kan semuanya tergantung DPP Partai dan DPD Demokrat Bali, dengan melihat peta politik yang berkembang,” tegas politisi asal Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng yang sudah kenyang dengan asam garam dunia politik ini. *nat  

Komentar