nusabali

BNN Obok-obok Kafe di Desa Baha, Nihil Temuan

  • www.nusabali.com-bnn-obok-obok-kafe-di-desa-baha-nihil-temuan

MANGUPURA, NusaBali - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Badung obok-obok Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Badung, Jumat (1/9) malam.

Kegiatan yang disebut operasi bersinar itu menyasar sejumlah kafe remang-remang di desa tersebut. Dalam kegiatan tersebut puluhan orang pengunjung kafe dan penghuni kos-kosan dites urine.

Kepala BNNK Badung AKBP Anak Agung Mudita saat gelar jumpa pers, Selasa (5/9) mengungkapan operasi tersebut berawal dari adanya keresahan dari kepala desa setempat. Sebab, dalam beberapa bulan terakhir ada 9 orang pengedar gelap narkoba ditangkap aparat Polres Badung dan Polda Bali di kawasan tersebut. Puluhan orang yang dites urine semuanya negatif narkoba.


"Kepala desa setempat menggelar sidak. Dalam kegiatan itu kami dari BNNK Badung dilibatkan. Selain itu juga melibatkan Kesbangpol, Polres Badung, dan perangkat desa setempat. Kegiatan itu digelar berawal dari keresahan kepala desa setempat karena ada 9 orang pengedar narkoba di tangkap aparat di sana. Para pelaku itu bukan penduduk di sana tetapi mengedarkan narkoba di sana," ungkap AKBP Mudita.

AKBP Mudita mengaku kesadaran masyarakat Badung kini mulai tumbuh. Hal ini seiring dengan gencarnya berbagai kegiatan sosialisasi yang dilakukan BNN. Kegiatan dari sisi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarkat (P2M) terus berupaya melalui kegiatan advokasi penyebarluasan informas dan dan edukasi P4GN.

Tahun 2023 ini BNNK Badung membentuk dua Desa Bersinar, yakni Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan dan Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal. Penambahan dua desa ini menambah jumlah Desa Bersinar di Badung menjadi delapan desa. "Pembentukan Desa Bersinar ini berdasarkan kriteria kerawanan penyalahgunaan narkotika," tuturnya.


Sementara pada seksi rehabilitasi melakukan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). Tahun 2023 ini ada dua desa yang jadi IBM, yaitu Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, dan Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal. Di empat wilayah itu terpilih masing-masing 10 orang sebagai agen pemulihan.

"Mereka menjadi perpanjangan tangan BNNK Badung dalam program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi. Pada bidang rehabilitasi ini hingga Agustus telah melayani 9 klien rawat jalan. Sementara untuk program pasca rehabilitasi telah melayani 7 klien," pungkasnya. 7 pol

Komentar