nusabali

Rugby Diminta Tingkatkan Disiplin

PRUI Bali Beri Perhatian Khusus Tuan Rumah Aceh

  • www.nusabali.com-rugby-diminta-tingkatkan-disiplin

Nantinya begitu masuk program latihan, disiplin akan kita tegakkan betul. Sebab kedisiplinan ini akan kita tekankan lagi ke depannya, semuanya harus disiplin, baik pelatih dan atlet.

GIANYAR, NusaBali
Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Bali berharap atletnya meningkatkan kedisiplinan menjelang tampil dalam PON XXI/2024 yang akan digelar di Aceh. Dalam persiapan satu tahun ke depan, faktor kedisiplinan  menjadi kunci utama kesuksesan, setelah meraih tiket PON. Sebab, Bali akan mendapatkan pesaing berat dari tuan rumah Aceh. 

Demikian disampaikan Ketum Pengprov Rugby Bali, I Made Erawan, Senin (4/9). Setelah meraih tiket PON, kata Erawan, atletnya diliburkan selama satu bulan depan. Mereka diberi kesempatan menikmati waktu dan berkumpul saat jeda latihan untuk refreshing. 

“Nantinya begitu masuk program latihan, disiplin akan kita tegakkan betul. Sebab kedisiplinan ini akan kita tekankan lagi ke depannya, semuanya harus disiplin, baik pelatih dan atlet," tegas Erawan, yang juga pengurus KONI Gianyar.

Erawan yang juga mantan atlet bola voli itu menekankan, para atlet wajib mengikuti semua program yang diberikan pelatih dengan penuh disiplin dan tanggungjawab selama kurang lebih satu tahun ke depan menjelang pelaksanaan PON 2024.

"Terpenting tim pelatih bersama-sama dengan atlet juga melakukan evaluasi terkait kelemahan dan kekuatan kita saat tampil pada babak kualifikasi PON," kata Erawan, yang juga seorang guru itu. 

Menurut Erawan, saat ini pihaknya sudah mulai bergerak dan menyusun tahapan program. Dengan harapan dalam PON nanti, tim rugby Bali tampil lebih kompak. Selain itu, dia juga menekankan pelatih dan pengurus tetap bersinergi dengan baik selama persiapan PON. Harapannya , hal itu untuk menjaga harmonisasi dalam mencapai tujuan yang sama meraih prestasi maksimal di PON 2024. 

“Harmonisasi dijaga dengan baik, jangan sampai ada timpang antara pelatih dan pengurus rugby menjalin komunikasi yang baik,” kata Erawan, yang mantan Ketua Harian Cricket Bali itu. 

Erawan menambahkan dengan situasi seperti itu kita Bali akan mendapat lawan kuat dari Aceh. Diakui, perkembangan tim rugby Aceh belum kita ketahui secara pasti, karena mereka lolos PON tanpa lewat babak kualifikasi. 

"Tuan rumah Aceh pasti main ngotot meraih medali, ini yang patut kita waspadai. Sementara tim lainnya di Rugby X sudah sempat ketemu dengan Bali, jadi sudah ada bayangan kekuatan mereka," kata Erawan, yang juga Ketua Pengkab PCI Gianyar. 

Saat ini PRUI Bali memiliki tim definitif yang terdiri dari 24 atlet, diantara 12 putra dan 12 putri yang ikut kualifikasi PON. Sebelumnya Bali mengikuti empat nomor dalam kualifikasi PON, namun dalam PON 2024 nanti hanya turun di nomor rugby X putra dan putri. 

"Di Rugby seven Bali tidak lolos, jadi bisa fokus mengatur strategi rugby X saja. Tiket PON berdasarkan keberhasilan nomor yang kita ikuti," kata Made Erawan. Dek.

Komentar