nusabali

Ekonomi Kreatif RI Terbesar Ketiga Dunia

  • www.nusabali.com-ekonomi-kreatif-ri-terbesar-ketiga-dunia

JAKARTA, NusaBali - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Indonesia memiliki ekonomi kreatif terbesar ketiga di dunia. Indonesia berada di bawah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan.

"Indonesia telah mampu membuat pertumbuhan tinggi yang membuat ekonomi kreatif Indonesia menjadi yang terbesar ketiga di dunia," kata Sandi dalam ASEAN Future Generation Business Forum, Jakarta, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Sabtu (2/9).

"Nomor tiga di dunia, saya minta tepuk tangan dari Anda," lanjutnya.

Sandiaga menyebut Amerika Serikat unggul dengan film-filmnya dan musik jazz serta musik country. Lalu, Korea Selatan unggul dengan K-drama dan K-Pop. Sementara Indonesia, kata Sandi memiliki potensi film horor.

"Jangan khawatir, Asean juga punya penawaran yang bagus. Misalnya Indonesia, kalau Korea punya drakor, kami punya drahor, drama horor.

"Film horor kami sangat menakutkan. Kami memiliki hantu dari setiap pulau di Indonesia," kata Sandi.

Sebelumnya, Sandi menyebut Indonesia bisa menggeser Korea yang berada pada posisi kedua dalam 10 tahun mendatang. Maka dari itu, ia mengajak anak bangsa untuk berkarya dan mempromosikan ekonomi kreatif Indonesia.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi ekonomi kreatif yang tidak kalah dari Korea Selatan.

"Kalau mereka punya K-Pop kita punya D-Kop, dangdut koplo. Nah kalau anak-anak muda kita bisa mempenetrasi di dalam negeri dengan dua genre musik dan produk ekonomi kreatif kita, saya prediksi 5-10 tahun lagi Indonesia akan masuk jadi dua besar ekonomi kreatif dunia dan mengungguli Korea," imbuhnya. 7

Komentar