nusabali

Badung Bakal Tata Kabel dan Tiang Utilitas Kawasan Samigita

  • www.nusabali.com-badung-bakal-tata-kabel-dan-tiang-utilitas-kawasan-samigita

MANGUPURA, NusaBali - Seiring dengan meningkatnya aktivitas pariwisata, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung terus melakukan penataan di kawasan pariwisata Seminyak, Legian dan Kuta (Samigita). Selain pada pantai, penataan juga difokuskan pada kabel dan tiang utilitas yang masih semerawut di kawasan tersebut.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, mengatakan seiring dengan peningkatan aktivitas pariwisata pembenahan di kawasan kawasan Samigita akan terus dilakukan. “Kawasan Samigita yang menjadi ikon pariwisata, ke depan akan ditata kabel utilitasnya, termasuk pengelolaan sampahnya. Dengan upaya itu diharapkan wajah Samigita akan kembali menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung,” kata Bupati Giri Prasta saat ditemui di sela-sela kegiatan Wija Adnya Kite Festival IV di Pantai Legian belum lama ini.

Bupati Giri Prasta tidak memungkiri kalau kabel utilitas dan tiang yang ada saat ini masih tampak semerawut. Dari pengamatannya di lapangan, ada tiang yang bisa mencapai belasan dalam satu titik dan bahkan jaraknya cukup berdekatan. “Jadi estetikanya kurang ketika melihat ada 10-11 tiang pada satu tempat. Makanya dibikinkan satu tiang yang mengakomodir kabel milik provider ini. Jadi, kita wajibkan mereka untuk ikut agar kawasan Samigita ini estetikanya tetap terjaga,” katanya.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan menjalin koordinasi dengan seluruh provider untuk bergerak menata kabel utilitas di wilayah Kabupaten Badung. Penataan itu ditargetkan rampung pada 2024, termasuk di wilayah Samigita.

Terkait pengelolaan sampah dan kebersihan di kawasan Samigita, bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini mengaku telah memerintahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung untuk mengadakan tong sampah yang bagus. “Karena ini semua berkaitan dengan perwajahan wilayah Samigita sebagai tujuan wisata, yang tentu harus senantiasa dijaga kerapiannya,” katanya.

Bupati Giri Prasta juga tidak memungkiri kalau upaya yang dilakukan tersebut semata merupakan wujud kecintaannya kepada masyarakat Badung, serta untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat. Sebagai Bupati Badung, katanya, ingin meninggalkan legacy yang bagus dan bisa diteruskan oleh suksesornya ke depan. “Ini sebagai bentuk kecintaan terhadap masyarakat. Dengan kondisi wilayah Samigita yang bagus tentu akan berdampak pada kunjungan wisatawan yang terus menggeliat,” tegasnya. 7 dar

Komentar