nusabali

Pj Bupati Buleleng Lihadnyana Terima Penghargaan dari IPDN

Dinilai Berhasil Membangun Tata Kelola Pemerintah

  • www.nusabali.com-pj-bupati-buleleng-lihadnyana-terima-penghargaan-dari-ipdn

SINGARAJA, NusaBali - Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana baru saja menerima Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Alumni Kehormatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Tanda penghargaan diserahkan langsung oleh Rektor IPDN Hadi Prabowo di Kampus IPDN Jakarta pada, Jumat (1/9). Lihadnyana dinilai mampu membangun tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik meski baru setahun menjabat.

Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Alumni Kehormatan ini diberikan kepada 4 kepala daerah di Indonesia. Selain Penjabat (Pj) Bupati Buleleng juga diberikan kepada Bupati Sumedang, Bupati Deli Serdang, Walikota Kotamobagu.

Rektor IPDN Hadi Prabowo menjelaskan, penghargaan ini diberikan setelah melalui proses penilaian secara ketat oleh tim internal IPDN. Salah satu indikator penilaian yang digunakan, yaitu kepala daerah yang bersangkutan dianggap berhasil dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik. Selain juga berhasil dalam aspek pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan kemasyarakatan.

Menurutnya pemberian penghargaan ini oleh IPDN sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 80 Tahun 2022 tentang Statuta IPDN. Lembaga pendidikan dengan ikatan dinas ini dapat memberikan penghargaan kepada seseorang termasuk kepala daerah atas prestasinya, dalam memajukan pemerintahan dan berkontribusi dalam mendukung proses pendidikan di IPDN.

“Pj Bupati Buleleng ini kami anggap telah mampu membawa perubahan dalam tata kelola pemerintahan di daerah. Beliau juga berani dalam mengambil suatu kebijakan untuk perbaikan tata kelola dan pelayanan publik,” terang Hadi Prabowo. Lihadnyana juga dibilai telah memberikan kontribusi dalam mendukung proses pendidikan di IPDN. Salah satunya dengan memberikan dukungan dalam pengembangan keterampilan berkesenian bagi praja dan kontribusi lainnya dalam mendukung aktivitas praja.

“Meskipun beliau ini penjabat, tetapi berani dalam mengambil keputusan. Ini tentu menjadi tantangan bagi calon-calon penjabat kepala daerah,” kata Hadi Prabowo.

Sementara itu, Lihadnyana menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada IPDN atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Menurutnya penghargaan ini sebagai sebuah tantangan tersendiri untuk lebih meningkatkan kinerjanya sebagai Penjabat Bupati.

“Tentu menjadi tantangan bagi saya untuk terus berinovasi dan berupaya dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan dan mutu pelayanan publik kita di Buleleng,” papar pejabat asal Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng ini. @ k23

Komentar