nusabali

Guru Seni Budaya Diperjuangkan Masuk Formasi PPPK

  • www.nusabali.com-guru-seni-budaya-diperjuangkan-masuk-formasi-pppk

Pengusulan itu dilakukan untuk penguatan kearifan lokal Bahasa Bali sesuai dengan visi misi Provinsi Bali.

TABANAN, NusaBali
Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan sedang berjuang mengusulkan 145 Guru Seni Budaya jenjang Sekolah Dasar (SD) bisa masuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Usulan itu bakal disampaikan langsung kepada Kementerian PAN-RB selaku penyedia SDM dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Besar harapannya 145 guru yang telah mengabdi di SD tersbut bisa masuk dalam formasi. 

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama mengatakan, 145 Guru Seni Budaya ini dalam proses pengusulan. Ini dilakukan untuk mewujudkan visi misi Provinsi Bali menunjang belajar penguatan budaya sejak usia pendidikan dasar. 

"Di tingkat SMP sudah disetujui 35 formasi Guru Pendidikan Bahasa Bali yang linier dengan mata pelajaran Seni Budaya. Nah di tingkat SD tidak ada istilah khusus itu, sehingga nanti kami usulkan materi mata pelajaran muatan lokal," jelasnya, Jumat (1/10). 

Untuk mencari Guru Seni Budaya di Tabanan, Darma Utama menilai potensinya besar. Sebab sudah ada tamatan yang sudah mengajar di SD. "Asumsi pemerintah pusat, muatan lokal menjadi atensi daerah. Tapi daerah dalam pengisian tenaga pendidik belum mampu menyiapkan anggaran terkait pemenuhan hak ketika mereka diangkat setara dengan PPPK," tegas Darma Utama. 

Sebelumnya, Kabupaten Tabanan membuka rekrutmen 1.876 formasi PPPK untuk guru dan tenaga kesehatan September 2023. Saat ini persiapan rekrutmen itu sedang menunggu petunjuk pelaksana dari pemerintah pusat.

Rincian formasi 1.876 ini diantaranya, untuk tenaga guru sebanyak 806 formasi dan tenaga kesehatan sebanyak 1.070 formasi. Diharapkan formasi ini bisa terpenuhi meskipun dalam pelaksanaan rekrutmen nanti bakal menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). 

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Made Kristiadi Putra mengatakan petunjuk teknis termasuk persyaratan tengah menunggu dari pusat. "Kemarin persyaratan baru dibahas, nanti finalnya saya sampaikan," jelasnya. 7des

Komentar