nusabali

Tabanan Buka 1.876 Formasi Rekrutmen PPPK Guru dan Nakes

  • www.nusabali.com-tabanan-buka-1876-formasi-rekrutmen-pppk-guru-dan-nakes

TABANAN, NusaBali - Kabupaten Tabanan buka rekrutmen 1.876 formasi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru dan tenaga kesehatan September 2023. Saat ini persiapan rekrutmen itu sedang menunggu petunjuk pelaksana dari pemerintah pusat.

Rincian formasi 1.876 ini diantaranya, untuk tenaga guru sebanyak 806 formasi dan tenaga kesehatan sebanyak 1.070 formasi. Diharapkan formasi ini bisa terpenuhi meskipun dalam pelaksanaan rekrutmen nanti bakal menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). 

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Made Kristiadi Putra mengatakan petunjuk teknis termasuk persyaratan tengah menunggu dari pusat. "Kemarin persyaratan baru dibahas, nanti finalnya saya sampaikan," jelasnya, Kamis (31/8). 

Menurutnya jumlah formasi yang disetujui sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Tabanan. Meskipun dalam riilnya masih belum menjangkau secara penuh kebutuhan tersebut. "Namun yang jelas formasi yang disetujui ini telah optimal apalagi sejak kemarin Tabanan telah mengangkat sekitar 1.300 ASN baik PNS maupun PPPK," katanya. 

Kristiadi menegaskan meskipun secara resmi petunjuk teknis belum datang, namun sistem tes untuk formasi PPPK September nanti bakal menggunakan sistem CAT. Untuk itu dia berharap formasi yang disetujui terpenuhi 100 persen.  

"Khususnya untuk guru kita di Tabanan sedang memikirkan strategi formasi 806 ini agar optimal terpenuhi karena kita sangat perlu sekali tenaga mereka. Selain itu perintah Pak Bupati (Bupati I Komang Gede Sanjaya) 100 persen kuota formasi harus terisi. Untuk yang dilantik kemarin (lusa) ini syukur tidak mengikuti tes CAT hanya dengan penilaian observasi," beber Mantan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini. 

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama mengatakan hal sama. Khusus 806 guru ini untuk formasi guru TK, SD dan SMP dan sudah disetujui pusat. "Target rekrutmen ini bulan September sebagai pelaksananya adalah pusat (Kementerian PAN-RB), pemerintah daerah hanya bentuk panitia seleksi," katanya.
 
Ditegaskan dengan usulan formasi 806 ini kebutuhan guru di Tabanan sesuai dengan catatan yang pensiun per Desember 2023 terpenuhi. Namun dengan asumsi 806 ini semua lolos. "Mudah-mudahan formasi ini terpenuhi seperti yang sudah dilantik," tandas Darma Utama.  7des

Komentar