nusabali

14 Karateka Bali Lolos PON 2024

  • www.nusabali.com-14-karateka-bali-lolos-pon-2024

Hasil yang diraih tim karateka Bali, karena perjuangan dan latihan yang cukup panjang sebelum turun di babak kualifikasi PON. Bahkan tiga karate Bali juga tembus ke final, meski dua diantaranya gagal meraih medali emas.

DENPASAR, NusaBali 
Sebanyak 14 karateka Bali, yang bertarung dalam 12 nomor, lolos ke PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Hasil itu diperoleh setelah tim karate Bali meraih satu medali emas, dua perak, dan empat medali perunggu dalam babak kualifikasi PON di Banjarmasin Kalimantan Selatan, yang berakhir Senin (28/8). Dengan hasil tersebut, tim karate Bali juga berhasil masuk lima besar klasemen akhir perolehan medali. Sedangkan satu nomor kata beregu putri terdiri dari tiga karateka.

Sedangkan karateka yang berhasil meraih medali emas, yakni Tjokorda Istri Agung Sanistyarani (Coki) di kelas - 55 kg putri. Lalu medali perak dipersembahkan Ni Made Dwi Kartika Aprianti kelas 61Kg putri, dan I Komang Astawa Setiabudi kelas -75 kg putra. 

Sedangkan medali perunggu diraih nomor Kata Beregu Putri Gojukai Badung, yang terdiri dari Ni Made Suci Astuti, Ni Putu Sinta Maryati, dan Anak Agung Sagung Bulan Indraswari. Kemudian  Gusti Ayu Rahadian Pradnyani Prameswari (kelas -50 kg putri),  Ni Made Nada Dwimayanti KKI Klungkung (+68 kg putri), I Made Yoga Wiraputra (-60 kg putra).

"Saya cukup puas dengan hasil kerja keras karateka Bali di babak kualifikasi PON," kata Ketua Umum Pengprov Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) Bali Sensei Armand Setiawan Wulianadi. 

Hasil yang diraih tim karateka Bali, diakui Armand Setiawan, karena perjuangan dan latihan yang cukup panjang sebelum turun di kualifikasi PON. Bahkan tiga karate Bali mampu tembus ke final, meski hanya satu yang meraih medali emas dan dua lainnya hanya meraih medali perak. 

"Tumben dalam babak kualifikasi PON tembus tiga final. Medali perunggu juga banyak kita rebut, jadi kualitas atlet cukup mengalami peningkatan tahun ini," kata Armand Setiawan. 

Sementara itu Ketua Harian Pengprov FORKI Bali Sensei Ardy Ganggas juga mengaku sangat bersyukur dan bangga atas capaian karateka Bali di babak kualifikasi PON. 
"Persiapan kita cukup matang lewat try in dan try out, hasilnya pun cukup menggembirakan," terang Ardy Ganggas. 

Menurut Ardy Ganggas, semua itu tidak ada yang instan, tetapi melalui proses yang sangat panjang. Menurut Ardy Ganggas, sebaran medali dalam babak kualifikasi PON, yakni Kontingen Sulawesi Selatan meraih 3 emas, 2 perak, 1 perunggu; DKI Jakarta  3 emas, 1 perak dan 3 perunggu; Jawa Timur 2 emas, 2 perak, 2 perunggu; Jawa Barat 2 emas, 6 perunggu, dan Bali 1 emas, 2 perak dan 4 perunggu. dek

Karateka Bali yang Lolos PON XXI/2024 : 
  1. Kata Beregu Putri Gojukai Badung (Ni Made Suci Astuti, Ni Putu Sinta Maryati, Anak Agung Sagung Bulan Indraswari)
  2. Ni Made Suci Astuti Gojukai Badung (Kata Putri)
  3. Devilito Andrian Firmansyah Lemkari Denpasar (Kata Putra)
  4. Gusti Ayu Rahadian Pradnyani Prameswari Inkai Buleleng (kumite -50 kg Putri)
  5. Tjokorda Istri Agung Sanistyarani Inkai Klungkung (kumite -55 kg putri) 
  6. Ni Made Dwi Kartika Aprianti Inkai Jembrana (kumite 61 kg, putri))
  7. Ni Rai Bintang Putri Fajarani Lemkari Badung (kumite, -68 kg putri  
  8. Ni Made Nada Dwimayanti KKI Klungkung (kumite +68 kg putri) 
  9. I Made Yoga Wiraputra KKI Jembrana (kumite -60 kg putra) 
  10. I Komang Astawa Setiabudi INKAI Jembrana (kumite, -75 kg putra)
  11. I Kadek Hendra Gunawan Lemkari Gianyar (kumite, -84 kg putra) 
  12. Made Andika Pramana Putra KKI Bangli (kumite +84 kg putra)

Komentar