nusabali

Pemprov Bali Siapkan Peta Jalan NZE 2045

  • www.nusabali.com-pemprov-bali-siapkan-peta-jalan-nze-2045

Pemprov Bali telah menyiapkan regulasi menuju NZE dengan diterbitkannya Pergub, seperti penggunaan energi bersih terbarukan dan kendaraan listrik.

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Provinsi Bali saat ini tengah menyiapkan peta jalan menuju Bali Net Zero Emission (NZE) 2045. NZE dicapai dengan menyeimbangkan karbon yang dihasilkan yakni dari sektor energi, sektor transportasi, dan sektor industri dengan penyerapan karbon oleh sektor kehutanan dan pertanian.  

“Keduanya ini harus bekerja bersama-sama, yang memproduksi harus melakukan transfer teknologi menggunakan teknologi hijau yang lebih ramah lingkungan yang bisa mengurangi produksi karbon. Sementara sektor yang menyerap karbon harus meningkatkan kapasitasnya untuk menyerap karbon, ini sektor kehutanan,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat membuka secara resmi kegiatan Bali Electric Vehicle (EV) Fun Touring, di Wantilan BPPW, Taman Hutan Raya, Pemogan, Denpasar Selatan, Minggu (27/8) pagi. Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan ketipung.

Sekda Dewa Indra menyampaikan apresiasi atas kolaborasi berbagai pihak dalam menyelenggarakan kegiatan untuk melanjutkan satu visi besar bersama dalam upaya melindungi bumi, yaitu mewujudkan NZE 2045 di Provinsi Bali.

Sekda Dewa Indra menambahkan berbagai regulasi baik itu di tingkat internasional, nasional, dan di Provinsi Bali sudah disiapkan dalam upaya bersama mewujudkan net zero emission.

Di Provinsi Bali telah diterbitkan Peraturan Gubernur (Pergub), seperti penggunaan energi bersih terbarukan dan kendaraan listrik. Regulasi ini perlu disosialisasikan dan diimplementasikan di tengah masyarakat secara terus menerus berkesinambungan sampai terjadinya perubahan perilaku masyarakat.

“Kegiatan baik itu dalam bentuk touring, FGD, workshop adalah bagian dari proses literasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat hingga sampai akhirnya menjadi sebuah kebiasaan, terbiasa menggunakan produk rendah karbon. Hal ini memerlukan proses dan upaya yang kuat dari kita bersama. Setelah semua lapisan masyarakat terbiasa maka diharapkan akan lahir sebuah peradaban baru, peradaban yang menggunakan energi yang ramah lingkungan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bali Ida Bagus Setiawan, menambahkan Pemprov Bali saat ini tengah menyiapkan road map atau peta jalan menuju Bali NZE 2045. Setelah kegiatan fun tour pihaknya akan menyelenggarakan focus group discussion (FGD) dan workshop.

“Tiga hari ke depan kita akan melakukan workshop dan FGD untuk menyiapkan kerangka peta jalan itu sendiri. Kita akan coba menyiapkan satu kerangka peta jalan Bali Net Zero Emission 2045 dari sisi hulu, ekosistem, dan hilir termasuk di dalamnya menyiapkan sumber daya manusia,” kata Ida Bagus Setiawan.

Sementara Director of Environment Office USAID Indonesia Brian Dusza, mengatakan pihaknya sangat mendukung ambisi Pemerintah Provinsi Bali mencapai NZE pada 2045 nanti. Pihaknya membantu peningkatan kapasitas SDM melalui sejumlah pelatihan.

Bali Electric Vehicle Fun Touring Towards Net Zero Emission merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun ke–65 Pemerintah Provinsi Bali dan Hari Kemerdekaan ke–78 RI. Kegiatan yang diikuti sekitar 100 orang dari masyarakat umum dan komunitas dengan menggunakan unit EV roda 2 dan roda 4 dengan mengambil start di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali dan finish di Waduk Muara Mangrove Centre.

Kegiatan ini terselenggara melalui kerjasama antara Pemerintah Provinsi Bali dengan USAID Indonesia yang difasilitasi oleh Bappenas RI melalui Program Sinar. 7 cr78

Komentar