nusabali

SMKN 1 Amlapura Terima Siswa Papua

  • www.nusabali.com-smkn-1-amlapura-terima-siswa-papua

Dua siswa tersebut belum punya seragam. Mereka masih mengenakan seragam SMP dari asalnya di Provinsi Papua.

AMLAPURA, NusaBali
SMKN 1 Amlapura, Karangasem, menerima dua siswa dari Provinsi Papua. Di sekolah ini mereka mengikuti kelanjutan program Adem yang digagas UP4B (Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat).

Program tersebut dari PKLK (Pembina Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus) Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek dan Teknologi. Dua siswa itu, Simelda Damaris Wabia kelas X Perhotelan 4 dan Boy William  Febrino Awurak kelas X Asisten Keperawatan. “Sekarang kami terima dua siswa dari Provinsi Papua, lebih awal dari biasanya, kami terima 9 Juli 2023,” jelas Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana di ruang kerjanya, Minggu (27/8).

Lanjut Artana, dua siswa itu langsung bisa masuk dapodik (Data Pokok Kependidikan) dan mengikuti MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). “Keduanya telah mengikuti pembelajaran. Mereka cepat menyesuaikan dengan teman-temannya di dalam satu kelas,” tambahnya.

Hanya saja, dua siswa tersebut belum punya seragam. Mereka masih mengenakan seragam SMP dari asalnya di Provinsi Papua. Simelda, berasal dari Kampung Jafai, Distrik Kebar, Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya. Sedangkan Boy William berasal dari Kampung Pelangi, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan.

Boy William yang merupakan alumnus SMP Yayasan Pendidikan Islam, mengaku awalnya hendak mencari jurusan Akuntansi pada SMKN di Sukawati, Gianyar. “Saya sudah isi blangko, mau ambil jurusan Akuntansi di SMKN Sukawati. Ternyata, saya diarahkan ke SMKN 1 Amlapura, ambil jurusan Asisten Keperawatan. Ya, tidak apa-apa,” jelas Boy William.

Dia bercita-cita jadi dokter. Siswa ini pernah meraih Juara Cerdas Cermat Piala Bupati Asmat serangkaian peringatan HUT ke-77 RI tahun 2022.

Sedangkan Simelda adalah alumnus SMPN 9 Kebar. Dia bercita-cita lebih sederhana yakni ingin jadi karyawan hotel. “Kerja di hotel saja,” jelas siswi kelahiran 30 April 2008, yang penghobi olahraga bola voli ini.

Simelda mengaku telah mengenal rekan-rekannya satu kelas. Dia pun mengaku lebih mudah berkomunikasi. Tahun 2022, SMKN 1 Amlapura menerima tiga siswa dari Provinsi Papua. Mereka yakni Florida Delly Biem Hab dan Melisa Margarita Konam asal Kabupaten Asmat, serta Yulliana Mapu Jitmau asal Kabupaten Sorong. Ketiga siswa itu baru saling kenal setelah bertemu di Bali. Siswa dari Provinsi Papua yang belajar di SMKN 1 Amlapura secara khusus punya guru pembina.7k16

Komentar