nusabali

Jembrana Wujudkan Pesan Presiden Jokowi

Pelopori Kejuaraan Tarkam Kemenpora

  • www.nusabali.com-jembrana-wujudkan-pesan-presiden-jokowi
  • www.nusabali.com-jembrana-wujudkan-pesan-presiden-jokowi

"Pesan dari Bapak Jokowi agar dihidupkan kembali pertandingan keolahragaan di kampung-kampung. Maka dari tahun 2023 ini lah kegiatan tarkam dimulai. (Staf Ahli Kemenpora Bagian Hukum, Dr Drs Samsudin).

NEGARA, NusaBali
32 kabupaten/kota di Indonesia terpilih menjadi lokasi kejuaraan antar kampung (Tarkam) yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Salah satunya, Kabupaten Jembrana, Bali. Kejuaraan Tarkam Kemenpora Tahun 2023 di Jembrana dibuka langsung Staf Ahli Kemenpora Bagian Hukum, Dr Drs Samsudin, di Lapangan Bola Voli, Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Sabtu (26/8).

Dalam sambutannya, Samsudin mengatakan, pelaksanaan Kejuaraan Tarkam Kempora ini diawali dari permintaan dari Presiden Jokowi. "Pesan dari Bapak Jokowi agar dihidupkan kembali pertandingan keolahragaan di kampung-kampung. Maka dari tahun 2023 inilah kegiatan tarkam dimulai. Dan, tentunya Kabupaten Jembrana menjadi salah satu kabupaten pionir pelopor dalam kegiatan ini," ungkapnya.

Melalui Kejuaraan Tarkam Kemenpora ini, sambung Samsudin, diharapkan bisa menjaring atlet-atlet berbakat di setiap daerah untuk berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi. Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, Samsudin mengapresiasi setiap daerah, khususnya di Jembrana yang telah mendukung penuh kegiatan sehingga dapat berjalan lancar dan sukses. "Mari kita hidupkan tarkam di sini dan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana. Terima kasih kepada KONI, tokoh-tokoh olahraga dan tokoh-tokoh masyarakat sudah mendukung kegiatan tarkam ini," imbuhnya.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, sangat mendukung langkah Pemerintah Pusat dengan penyelenggaraan kejuaraan tarkam ini. Dia berharap, dengan kegiatan ini, Kabupaten Jembrana pada khususnya dapat melahirkan bibit atlet muda berbakat. "Dengan adanya tarkam ini diharapkan menjadi ajang pencarian bakat potensi atlet. Silaturahmi warga sekaligus menggerakkan roda perekonomian masyarakat Kabupaten Jembrana,"ujarnya.

Wakil Bupati (Wabup) Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) yang juga Ketua Umum KONI Jembrana menjelaskan, Jembrana dipilih dari 32 kabupaten/kota seluruh Indonesia penyelenggara kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 ini. Ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni  bola voly, bulu tangkis, dan atletik lari.

Kejuaraan Tarkam Kemenpora di Jembrana ini, sabung Wabup Ipat, berlangsung selama tiga hari, sejak Jumat (25/8) - Minggu (27/8). Untuk pertandingan Bola Voly diadakan di dua tempat, yaitu pagi sampai sore di GOR Mendoyo Dangin Tukad, Kecamatan Mendoyo, dan malamnya di Lapangan Bola Voly, Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara.

Pertandingan Bulu Tangkis diadakan di Gedung PBSI Jembrana dan Atletik Lari diadakan di Stadion Pecangakan, Jembrana. Kejuaraan tarkam diikuti peserta dari sejumlah desa/kelurahan se-Jembrana. "Anggaran untuk kegiatan ini semua dari Kementerian Pemuda dan Olahraga," ucap Wabup Ipat.7ode

Komentar