nusabali

Dalem Samprangan Kedewatan Raih Dana Hibah Rp 300 Juta

  • www.nusabali.com-dalem-samprangan-kedewatan-raih-dana-hibah-rp-300-juta

GIANYAR, NusaBali - Pura Dalem Samprangan di Desa Adat Kedewatan, Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Gianyar mendapatkan dana hibah Rp 300 juta dari Pemkab Gianyar. Dana hibah untuk biaya pembangunan bale gong ini diserahkan oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra pada Sukra Pon Medangsia, Jumat (25/8, di pura setempat.

Secara simbolis, dana hibah diterima langsung oleh Panglingsir Satria Dalem Samprangan Kedewatan, Sang Putu Eka Pertama. Penyerahan dana hibah serangkaian piodalan di Pura Dalem Samprangan, Buda Umanis Medangsia, Rabu (23/8). Ida Batara masineb pada Saniscara Wage Medangsia, Sabtu (26/8) sore. Serah terima dana hibah dihadiri Sekda Gianyar Dewa Gde Alit Mudiartha, Camat Ubud I Wayan Suwija, Perbekel Desa Kedewatan I Dewa Gde Rai Dharmanta, prajuru Desa Adat Kedewatan, para panglingsir, dan sameton warih Ida I Dewa Gedong Artha (Trah Ida Dalem Shri Aji Tegal Besung). Acara penyerahan dana hibah diisi dengan persembahyangan oleh Bupati Mahayastra, Sekda Dewa Alit Mudiartha, para undangan, dan pangempon pura.

Panglingsir Satria Dalem Samprangan Kedewatan Sang Putu Eka Pertama alias Sang Tu Eka mengatakan, dana bantuan hibah ini dimohon kepada Pemkab Gianyar melalui proposol pembangunan bale gong bernilai Rp 374 juta, tertanggal 20 Januari 2022. Permohonan disetujui oleh Bupati Gianyar sebesar Rp 300 juta. Kekurangan dana akan ditutup dari paturunan (iuran) krama pasemetonan. Sang Tu Eka menyampaikan, Pura Dalem Samprangan Kedewatan diempon oleh 104 KK (513 jiwa) di Desa Adat Kedewatan. “Atas nama sameton dan pangempon Pura Dalem Samprangan Kedewatan, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan jajaran atas bantuan ini. Bantuan ini sangat berguna untuk meringankan krama kami membangun di pura,” jelas Panyarikan Ageng (Sekretaris Umum) Manca Agung Trah Ida Dalem Shri Aji Tegal Besung Provinsi Bali 2023-2028 ini.

Bupati Mahayastra menegaskan, pemberian bantuan hibah ini adalah salah satu program utama Pemkab Gianyar. Tujuannya, memotivasi krama menyediakan fasilitas untuk kegiatan upacara dan meringankan biaya krama yang sedang membangun. Dana hibah tersebut bersumber dari PAD Kabupaten Gianyar yang makin meningkat signifikan. “PAD Gianyar dalam setahun hampir menyentuh Rp 1.5 trilliun,” ujar Bupati Mahayastra. 

Sebagaimana diketahui, Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung adalah organisasi pasemetonan keturunan Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung. Ida Dhalem ini merupakan putra bungsu dari Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan, Adhipati Bali yang bertahta di Keraton Samprangan (kini Kelurahan Samplangan, Gianyar, Red). Sedangkan pasemetonan trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung di Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, mewarisi Pura Dalem Samprangan di Desa Kedewatan. Nama pura ini sama dengan nama Pura Dalem Samprangan, stana Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan di Kelurahan Samplangan, Gianyar. 7 lsa

Komentar