nusabali

17 Pasar di Karangasem Dipasangi Wifi

  • www.nusabali.com-17-pasar-di-karangasem-dipasangi-wifi

AMLAPURA, NusaBali - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Karangasem mulai memasang Wifi (wireless fidelity) gratis pada 17 pasar di Karangasem. Tujuannya, agar pengunjung memanfaatkan teknologi, antara lain, untuk bertransaksi melalui internet.

Di samping itu, siswa yang bermukim dekat pasar, bisa memanfaatkan untuk belajar online. Hal itu dikatakan Kadis Koperasi UKM dan Perindag I Gede Loka Santika di sela-sela pemasangan Wifi gratis, di Pasar Desa Selat, Banjar Selat Kaja, Desa/Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (25/8). "Pihak provider yang menyediakan fasilitas internet dan memasangnya. Nanti mengenai bayar pulsa, pemilik provider berurusan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika," jelasnya.

Sebab, lanjut Loka Santika, pasar tersebut adalah fasilitas umum, tempat berkunjungnya banyak masyarakat, sehingga wajib ada fasilitas internet, seperti di bale banjar, objek wisata dan tempat lainnya. Dengan adanya internet  lebih memudahkan pengunjung bertransaksi. Sebab belakangan ini banyak bertransaksi melalui internet, bisa pesan barang atau menawarkan barang melalui internet, dengan jangkauan yang luas.

Walau dalam HP, bisa mengaktifkan internet dengan mengisi paket pulsa, tetapi dengan adanya Wifi gratis, maka masyarakat bisa menekan biaya pulsa.

Jelas dia, fungsi Wifi terutama untuk menghubungkan perangkat PC (portable computer), smart phone, ke jaringan internet tanpa kabel. Di samping bisa menjadikan handphone sebagai modem, nantinya bisa mengakses internet dengan cepat, karena memiliki mobilitas tinggi, mampu meningkatkan produktivitas pekerjaan, penggunaannya bisa kapan saja, hemat biaya, dan aman.

Tercatat, 17 pasar yang nantinya terpasang Wifi, Pasar Amlapura Timur, Pasar Amlapura Barat, Pasar Rakyat Mangsul, Pasar Rubaya, Pasar Tukad Belatung, Pasar Tukad Eling, Pasar Rakyat Pesangkan, Pasar Bebandem, Pasar Karanganyar, Pasar Selat, Pasar Menanga, Pasar Rakyat Subagan, Pasar Hewan Rubaya, Pasar Hewan Bebandem, Pasar Hewan Pempatan, Pasar Telaga, dan Pasar Culik, Kecamatan Abang. Loka Santika berharap, agar masyarakat turut menjaga agar Wifi yang terpasang, aman dari gangguan, sehingga bermanfaat.

Kepala Pasar Rakyat Pesangkan di Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat I Ketut Sulendra mengakui, petugas telah pasang perangkat Wifi. "Alat telah terpasang di dua titik, hanya saja, belum aktif. Satu alat di Kantor Kepala Pasar Rakyat Pesangkan, dan satu lagi, di pojok selatan," jelas I Ketut Sulendra.

Dengan pemasangan ini. masyarakat yang berkunjung ke Pasar Rakyat Pesangkan, setiap hari Pasah, nantinya bisa memanfaatkan jaringan Wifi menjangkau di areal pasar seluas 4.892,82 meterpersegi.7k16

Komentar