nusabali

Komitmen Fadjar Gunawan, Presiden Direktur Panin Dai-ichi Life : Jaga Integritas dan Inovasi Digital

  • www.nusabali.com-komitmen-fadjar-gunawan-presiden-direktur-panin-dai-ichi-life-jaga-integritas-dan-inovasi-digital

JAKARTA, NusaBali.com - Membangun citra dan reputasi perusahaan agar senantiasa positif butuh adanya inovasi serta implementasi komitmen yang berkelanjutan.

Apabila diibaratkan dengan gunung es, keberhasilan perusahaan bagaikan sebuah gunung yang nampak pada permukaan laut. Sedangkan bagian yang berada di kedalaman air, adalah bagian lebih besar namun tidak terlihat. 

Maka dapat diartikan keberhasilan perusahaan merupakan efek dari begitu usaha yang membentuknya.

Komitmen adalah hal terpenting untuk mencapai sukses. Butuh komitmen kuat untuk mencapai tujuan. Nah, ini menjadi alasan, mengapa tidak semua orang tidak dapat mewujudkan mimpi untuk sukses. Sebab, tidak semua orang memiliki komitmen kuat dalam hidupnya. 

Fadjar Gunawan memahami betul betapa pentingnya komitmen untuk mencapai tujuan. Presiden Direktur PT Panin Dai-ichi Life ini sadar betapa ketatnya persaingan bisnis. Komitmen untuk terus maju dan berinovasi mengikuti perkembangan zaman adalah keharusan. 

Fadjar mulai menduduki jabatan penting sebagai presiden direktur di perusahaan asuransi tersebut pada 2013. Sosok kelahiran 1957 silam ini berujar, sudah cukup kenyang asam garam menghadapi tantangan dalam industri asuransi. Apalagi, perusahaan yang ia pimpin, memiliki perjalanan panjang selama lebih dari 40 tahun melayani masyarakat.

“Mempertahankan integritas dan transparansi manajemen perusahaan dalam pembayaran kasus klaim adalah salah satu kunci sukses perusahaan asuransi jiwa untuk membangun kepercayaan nasabah,” ujarnya.

Lulusan University of San Fransisco, Amerika Serikat pada 1982 ini memberikan contoh tentang pembayaran kasus klaim sepanjang 2022. Sepanjang tahun tersebut, Panin Dai-ichi Life membayarkan kasus klaim atas manfaat polis asuransi dengan total nilai mencapai Rp729,7 miliar. Antara lain kasus klaim Kesehatan, Tutup Usia, dan Penyakit Kritis.

Perkembangan dunia digital juga tak luput dari perhatian. Inovasi untuk nasabah asuransi berbasis digital juga diwujudkan dalam aplikasi mobile “Connect by Panin Dai-ichi Life”. 

Meski kondisi perekonomian dibayangi ketidakpastian akibat ramalan resesi global tahun 2023 ini, masyarakat Indonesia sudah sadar dengan kebutuhan asuransi. Panin Dai-ichi Life memahami hal tersebut dengan menghadirkan Panin Assurance Investlinked. Ini adalah jawaban terhadap kebutuhan nasabah pada asuransi unit link dan pelaksanaan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami memahami kebutuhan nasabah asuransi yang semakin berkembang. Untuk itu, kami menyediakan berbagai solusi dan layanan asuransi agar nasabah dapat menikmati perencanaan keuangan lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami ketentuan pada polis asuransi. Para calon nasabah asuransi harus memahaminya seksama, kemudian memberikan informasi secara jujur, baik dan benar pada saat pengajuan polis. 

“Hal ini bertujuan agar mempermudah proses pada saat pengajuan kasus klaim nantinya,” ujarnya.

Semua komitmen, inovasi dan kerja keras tersebut pada akhirnya membuahkan hasil positif. Kiprah Panin Dai-ichi Life di bawah pimpinan Fadjar dalam menjalankan bisnis asuransi jiwa juga tidak lepas dari apresiasi berbagai pihak eksternal. 

Perusahaan asuransi ini mendapatkan predikat sebagai Best Insurance 2022 dengan kategori Asuransi Jiwa yang memiliki total aset Rp 5T-10T dari Warta Ekonomi. Demikian pula penghargaan sebagai Best Life Insurance 2022 pada Kelompok Ekuitas Rp 4 Triliun ke atas dari Media Asuransi. 

Lalu, sebagai wujud dari komitmen dan konsistensi perusahaan dalam penerapan prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik sesuai aturan OJK, Panin Dai-ichi Life juga memperoleh penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas implementasi aplikasi Pertukaran Data Elektronik (PEDAL).

Fadjar menyebutkan, apresiasi tersebut merupakan bentuk dukungan dan kepercayaan dari para nasabah, tenaga pemasar, mitra bisnis, karyawan, hingga seluruh stakeholders.

“Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanannya di tahun-tahun mendatang,” ucapnya.

Riwayat pekerjaan Fadjar Gunawan

Sejak awal karirnya, Fadjar Gunawan sudah bekerja di berbagai perusahaan asuransi dan keuangan Indonesia. Dirinya mengawali karir sebagai Wakil Presiden Direktur di PT Panin Life Tbk pada tahun 1983. Kemudian, ia dipercaya menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris di PT Panin Insurance Tbk. Posisi tersebut ia duduki selama 30 tahun, dari tahun 1983 hingga 2013.

Pada tahun 1995 hingga 2009, Fadjar Gunawan secara resmi menjabat sebagai Presiden Direktur PT Panin Life Tbk. Selanjutnya, pada tahun 2010 hingga 2013, ia menduduki posisi Presiden Direktur PT Panin Financial Tbk, sembari memegang jabatan sebagai Wakil Presiden Komisaris di PT Panin Life.

Pada tahun 2013, Fadjar Gunawan menjadi Presiden Direktur PT Panin Dai-ichi Life, sebuah perusahaan asuransi gabungan antara PT Panin Life Tbk dan Dai-ichi Life Insurance Company Limited dari Jepang.

- Presiden Direktur PT Panin Financial Tbk (2010-2013)
- Wakil Presiden Komisaris PT Panin Life (2010-2013)
- Komisaris PT Maskapai Reasuransi Indonesia (1989-2003)
- Presiden Direktur PT Panin Life Tbk (1995-2009)
- Wakil Presiden Komisaris PT Panin Insurance Tbk (1983-2013)
- Wakil Presiden Direktur PT Panin Life Tbk (1983-1994)

Komentar