nusabali

Chelsea-Luton, Duel Si Kaya Lawan Si Miskin

  • www.nusabali.com-chelsea-luton-duel-si-kaya-lawan-si-miskin

LONDON, NusaBali - Chelsea ditantang tim promosi Luton Town pada pekan ke-3 Premier League 2023/2024, di Stamford Bridge, London, Sabtu (26/8) dini hari, pukul 03:00 WITA.  Chelsea dan Luton terakhir kali bertemu di putaran kelima FA Cup musim 2021/2022. Saat itu, main di kandang Luton, Chelsea hanya menang tipis 3-2.

Kini di atas kertas, tim tamu diprediksi tak berdaya di depan Chelsea. Namun bola tetap bundar, apalagi Chelsea masih tanpa kemenangan musim ini. Pada dua laga pertama, tim asuhan pelatih baru Mauricio Pochettino tersebut seri sekali dan kalah sekali. Mereka akan mencoba meraih kemenangan pertamanya saat meladeni The Hatters nanti.

Media Inggris pun membandingkaan sisi finansial dari dua klub tersebut, yang berujung penyebutan 'Si Kaya' vs 'Si Miskin'. Si Kaya adalah Chelsea, sedangkan Si Miskin adalah Luton Town. So, dengan bergelimang pemain mahal dan berkualitas, Chelsea dinilai keterlaluan jika tak bisa mengalahkan Luton.

Beragam perbandingan terungkap, termasuk harga pemain. Bila ditilik dari sisi ini, ibarat langit kontra bumi. Tuan rumah jauh lebih mentereng dari tim tamu. Chelsea menggelontorkan dana tak sedikit guna mendapatkan sejumlah pemain incaran di musim panas 2023. 

Si Biru dari London ini menghabiskan 954,5 juta pounds dalam dalam tiga jendela transfer terakhir, termasuk jelang bergulirnya musim 2023/2024. 

Satu di antara poin menghebohkan saat Chelsea mengangkut gelandang Brighton, Moises Caicedo, dengan nilai transfer fantastis 115 juta pounds. Bandingkan dengan Luton Town, yang total harga keseluruhan tim hanya 52 juta pounds.  Sedangkan pembelian termahal Luton pada jendela transfer musim panas ini 5 juta pounds, untuk Ryan Giles dari Wolverhampton Wanderes. 

Meski demikian Kerry Dixon, ekan pemain Chelsea (1983–1992) dan Luton Town (1993–1995), angkat suara terkait duel mantan klubnya itu. 

Legenda 60 tahun itu mengingatkan agar Chelsea jangan menganggap remeh Luton. “Tidak ada yang akan menganggap remeh Luton, tetapi pada saat yang sama Chelsea harus memenangkannya," kata Dixon.

Terkait titel duel Si Kaya dan Si Miskin, Dixon menganggapnya sebagai dongeng. "Pertandingan ini tetap bisa seperti cerita dalam dongeng, hanya beda medium saja, karena sekarang ada di dunia sepak bola," ujar Dixon.

Dixon juga memberikan aplaus kepada Luton yang mampu kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris. Walau banyak duit dan dijejali pemain mahal, Chelsea tak sesangar uang yang mereka keluarkan. Buktinya, pasukan Pochettino hanya mampu imbang 1-1 melawan Liverpool. Lalu, kalah 1-3 dari West Ham United. *

Perkiraan Sunanan Pemain:
Chelsea (3-4-2-1): Sanchez; Colwill, Silva, Disasi; Chilwell, Fernandez, Caicedo, Gusto; Sterling, Gallagher; Jackson. Pelatih: Mauricio Pochettino.
Luton Town (3-5-2): Shea; Bell, Lockyer, Andersen; Doughty, Chong, Nakamba, Mpanzu, Kabore; Adebayo, Morris. Pelatih: Rob Edwards.

Komentar