nusabali

99 Koperasi di Tabanan Bakal Dibubarkan

  • www.nusabali.com-99-koperasi-di-tabanan-bakal-dibubarkan

TABANAN, NusaBali - Sebanyak 99 koperasi di Tabanan bakal dibubarkan  lantaran sudah tidak aktif meskipun telah dilakukan upaya pendampingan oleh Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja. Eksekusi pembubaran 99 koperasi yang tak aktif menunggu tindakan final dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja Tabanan I Nyoman Putra mengatakan, 99 koperasi ini sudah tidak memungkinkan bangkit alias tidak aktif. "Dalam proses pembubaran ini sudah sesuai aturan. Terutama koperasi ini sudah tidak ada masalah dengan nasabah," jelasnya, Rabu (23/8). 

Menurutnya total di Tabanan koperasi yang tidak maksimal berjumlah 172 koperasi. Rinciannya sebanyak 56 koperasi tidak beroperasional, 17 koperasi masih aktif (beroperasional) serta 99 koperasi dalam tahap pembubaran. "Masalah koperasi yang masih beroperasional namun tidak aktif ini karena tidak melakukan RAT (rapat anggota tahunan) secara konsisten berturut-turut selama 3 kali. Bahkan sudah dilakukan pendampingan," jelasnya. 

Sementara itu, jika ada koperasi yang tidak beroperasi namun ingin hidup atau aktif kembali, Dinas Koperasi tentunya akan memberikan pendampingan prosedural. Dan bagi koperasi yang ingin dibubarkan, pihak dinas akan menyelidiki apakah masih terdapat kewajiban atau tunggakan dengan anggota sebelum langkah-langkah selanjutnya bisa dilakukan. "Proses pembubaran yang sudah pasti 99 koperasi tidak aktif itu saat ini sedang menunggu tindakan final dari Kementerian Koperasi dan UKM," tandas Nyoman Putra. 7des

Komentar