nusabali

Dinas Kesehatan Klungkung Ingatkan PSN

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-klungkung-ingatkan-psn

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Kesehatan Klungkung mengingatkan masyarakat untuk menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) walau saat musim kemarau.

Plt Kadis Kesehatan Klungkung, dr Ida Ayu Megawati mengatakan, dengan perubahan cuaca masyarakat cenderung mengabaikan PSN. Genangan air dan penampungan air terkadang terlupakan untuk dibersihkan sehingga menjadi tempat nyamuk berkembang biak.
dr Megawati menegaskan, pencegahan demam berdarah paling efektif dengan PSN.

Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan rumah dan sekitarnya. “Perlu peningkatan peran serta masyarakat melalui jumantik yang ada di desa-desa. Kami selalu mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan,” ujar dr Megawati, Senin (21/8). Jumlah kasus demam berdarah di Kabupaten Klungkung sempat naik di awal tahun Tahun 2023. 

Pada Januari ada 101 kasus, Februari 93 kasus, dan Maret sebanyak 78 kasus. Kasus demam berdarah disebabkan beberapa faktor, di antaranya gotong royong membersihkan lingkungan belum maksimal dan curah hujan tak menentu. Terpisah, Humas RSUD Klungkung Gusti Putu Widiasa mengatakan hingga  Senin kemarin ada 4 orang yang dirawat karena demam berdarah. 7 wan

Komentar