nusabali

Pasar Semarapura Dilengkapi Layanan Informasi Produk UMKM

  • www.nusabali.com-pasar-semarapura-dilengkapi-layanan-informasi-produk-umkm

SEMARAPURA, NusaBali - Pasar Seni Tematik Semarapura, Klungkung akan menjadi pasar yang cukup megah dengan dilengkapi pelayanan publik.

Ada juga layanan informasi pada sejumlah layar televisi terkait produk kerajinan UMKM lokal dan objek wisata di Kabupaten Klungkung. Sekeliling pasar akan diawasi dengan kamera CCTV. Proyek Pasar Seni Tematik Semarapura dibangun di atas lahan seluas 19.000 m2. 

Pembangunan pasar ini dengan kontrak anggaran Rp 58 miliar dari anggaran fisik Rp 73 miliar bersumber dari Kementerian Perdagangan RI (APBN). Pembangunan gedung pasar rakyat ini terdiri dua gedung yakni Blok B dan Blok E, masing masing dua lantai. Bangunan Blok B pada lantai 1 dengan luas 2124,86 m2 dengan kios sebanyak 76 unit. Pada lantai 2 dengan luas 1965,25 m2 dengan 82 unit kios. Bangunan Blok E pada lantai 1 dengan luas 1113,49 m2 dengan 32 unit kios dan los 48 unit. Pada lantai 2 Blok E dengan luas 1227,24 m2 akan dilengkapi los sebanyak 71 unit.


Kepala UPT Pasar Klungkung, Komang Sugianta mengatakan, progress pembangunan pasar hingga 10 Agustus 2023 mencapai 74,07 persen. Terjadi deviasi positif sebanyak 0,011%. “Saat ini pekerjaan difokuskan pada pekerjaan interior Blok B dan Blok E serta Pura Melanting,” ujar Sugianta, Minggu (20/8). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau proyek pembangunan Pasar Seni Semarapura, Jumat (18/8). Bupati berkeliling mengecek setiap sudut bangunan yang progressnya sudah mencapai 74%. “Meskipun pasar namun masyarakat akan mendapat informasi dan pelayanan publik, sekeliling pasar akan diawasi dengan kamera CCTV,” ujar Bupati Suwirta. 

Bupati Suwirta juga memantau pembangunan Pura Melanting yang berada di tengah-tengah pasar. Sejumlah pekerja tengah melakukan pembangunan palinggih. Setelah beroperasi nanti, Bupati Suwirta berharap blok kuliner bisa buka hingga malam. “Segera tanami dengan tanaman hias agar saat diresmikan sudah tampak asri. Dengan pasar ini kami sangat berharap Kabupaten klungkung akan lebih banyak dikunjungi lagi,” harap Bupati Suwirta. Bupati berharap proyek ini berjalan lancar dan selesai tepat waktu. 7 wan

Komentar