nusabali

Wakili Indonesia, Siswi SMAN 1 Denpasar Ikuti Sakura Science High School Program

  • www.nusabali.com-wakili-indonesia-siswi-sman-1-denpasar-ikuti-sakura-science-high-school-program

DENPASAR, NusaBali - Siswi SMA Negeri 1 Denpasar, Desak Ayu Kutha Dea Karina, mendapat pengalaman berharga mengikuti Sakura Science High School Program (SSHP) yang berlangsung di Jepang, 29 Juli – 5 Agustus 2023. Di Jepang, Dea mengikuti sejumlah kegiatan salah satunya mengunjungi situs-situs penelitian yang dihuni oleh para ilmuwan terbaik Jepang.

Ada 18 siswa SMA dari seluruh Indonesia yang mengikuti program pada tahun ini, termasuk Dea. Selain itu, dalam kontingen yang sama juga terdapat 17 siswa SMK hasil seleksi dari seluruh Indonesia. Mereka berangkat didampingi oleh guru pendamping.

SSHP merupakan bagian dari The Sakura Science Exchange Program (SSP),  yakni program undangan jangka pendek yang diluncurkan pada 2014 oleh JST (Japan Science and Technology Agency). SSHP menjadi kegiatan resmi Pemerintah Jepang untuk menguatkan hubungan kerjasama Jepang dengan negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan, sains, dan teknologi.

Dea terpilih mengikuti SSHP berkat prestasinya menjadi Duta SMA Provinsi Bali 2022 dan sekaligus menjadi salah satu Duta SMA Nasional 2022. Duta SMA merupakan program yang diinisiasi oleh Direktorat SMA Kemendikbudristek sejak 2022 dengan tujuan untuk menjaring peserta didik jenjang SMA yang memiliki karakter Pelajar Pancasila, mampu menjadi pemangku kepentingan dan role model sebaya dalam bidang pendidikan, serta memiliki tiga core value yaitu Sinergi, Mandiri, dan Aktif.

“Selama menjadi Duta SMA ada beberapa tugas yang harus diemban, salah satunya mewakili Indonesia dalam Sakura Science Exchange Program. Duta SMA yang terpilih mengikuti serangkaian seleksi lagi hingga dapat mewakili Indonesia dalam program ini. Atas izin Tuhan dan dukungan dari semua pihak, Dea lolos dan terpilih untuk mengikuti SSHP,” jelas Dea kepada NusaBali, Minggu (20/8).

Selama berada di Jepang, Dea berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan terkait sains, salah satunya kegiatan mathematic lecture oleh Professor Jin Akiyama di Tokyo University of Science.

Dea juga mengunjungi situs-situs pusat penelitian di bidang teknologi, material, geologi, dan alam. Dalam acara ini, peserta melihat hasil penemuan Jepang dan mendapatkan pengetahuan dari para ilmuwan. Tidak hanya itu, Dea juga berinteraksi dengan peserta dari berbagai negara dalam bertukar aspirasi dan keunikan dari setiap negara.

Dalam acara penutupan yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains, dan Teknologi Ms Keiko Nagaoka dan Duta Besar negara-negara ASEAN, Dea memperkenalkan budaya Bali dengan mengenakan pakaian adat Bali.

“Menjadi salah satu perwakilan siswa SMA yang dikirim ke Jepang memberikan pengalaman berharga sekaligus tanggung jawab yang besar bagi saya. Mengharumkan dan menjaga nama bangsa adalah suatu kewajiban yang harus selalu saya garis bawahi dalam setiap perbuatan yang saya lakukan," ujar siswi kelas XII ini.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Denpasar Made Rida SPd MPd memberikan apresiasi terhadap pencapaian anak didiknya. Dia berharap prestasi yang diraih Dea menjadi inspirasi bagi siswa lainnya di SMAN 1 Denpasar maupun siswa di Bali pada umumnya.

“Prestasi yang raih berkat bimbingan bersama sekolah dan orangtua, selain juga motivasi tinggi dari Dea sendiri. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi siswa lainnya," ujar Rida. 7 cr78

Komentar