nusabali

BSU dari Dana Insentif Mulai Cair

  • www.nusabali.com-bsu-dari-dana-insentif-mulai-cair

SINGARAJA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Sosial mulai mencairkan Bantuan Sosial Uang (BSU) yang sumber anggarannya berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) Pengendalian Inflasi.

Bantuan uang tunai sudah diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk bulan Mei dan Juni. Rencananya BSU ini akan digelontor hingga bulan Desember mendatang.

Kepala Dinas Sosial Buleleng I Putu Kariaman Putra, Jumat (18/8), menerangkan BSU diberikan kepada 1.944 KPM. Sebanyak 1.596 KPM penyandang disabilitas dan 348 KPM yang masuk dalam kategori miskin ekstrem. Untuk pencairan tahap pertama sudah direalisasikan pada akhir Juli lalu.

“Sebelum Hari Raya Galungan sudah kami cairkan yang tahap pertama untuk Mei-Juni. Masing-masing KPM mendapatkan bantuan Rp 450.000 per bulan. Total anggaran yang sudah tersalurkan ada Rp 1,74 miliar lebih,” terang Kariaman.


Dalam proses pencairan BSU, Pemkab Buleleng sebelumnya sudah bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali. Seluruh penerima bantuan sudah dibuatkan kartu e-BSU. Sehingga saat pencairan mereka cukup menunjukkan kartu tersebut.

“Kemarin pencairan bantuan langsung ke desa-desa sasaran secara mobile. Karena penerima bantuan adalah penyandang disabilitas dan keluarga miskin ekstrem yang memiliki keterbatasan akses, sehingga pelayanan kita dekatkan sampai ke desa,” ungkap Kariaman.

Sedangkan saat ini, sedang dalam proses pengamprahan pencairan BSU untuk bulan Juli-Agustus. Bantuan ini rencananya akan diberikan sampai Bulan Desember mendatang dengan jumlah penerima yang sama. Sementara itu BSU ini digelontor Pemkab Buleleng yang sumber anggarannya dari Dana Insentif Daerah (DID) atas prestasi pengendalian inflasi daerah 2022 lalu. Bantuan ini didistribusikan untuk menjaga perputaran ekonomi daerah menyasar masyarakat miskin ekstrim dan penyandang disabilitas.7k23

Komentar