nusabali

10 Negara Ramaikan Jembrana Kite Festival

  • www.nusabali.com-10-negara-ramaikan-jembrana-kite-festival

NEGARA, NusaBali - Peringatan HUT ke-128 Kota Negara tahun 2023 dimeriahkan event Jembrana Kite Festival Internasional di Sirkuit All in One, Desa Pengambengan, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Jumat (18/8). Event eksibisi ini diikuti sejumlah peserta dari 10 negara.

Event ini hanya digelar satu hari. Dalam eksibisi tersebut, diterbangkan puluhan layangan tiga dimensi, termasuk layangan tradisional dengan berbagai bentuk dan ukuran. Secara khusus akan dinaikkan sebuah layangan dengan tulisan ‘Jembrana Emas’, yang merupakan salah satu visi Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Setelah eksebisi tersebut akan diagendakan lomba layang-layang open dengan menghadirkan sejumlah peserta dari Jawa dan 500 peserta lokal Bali di Sirkuit All in One, Minggu (20/8). Bupati Tamba mengatakan ada 10 negara termasuk tuan rumah Indonesia yang hadir dalam Festival Layang-Layang Internasional ini. Ada 50 layangan yang diterbangkan oleh para peserta dari berbagai negara ini. "Ini akan menjadi kalender event tahunan. Di tahun depan kami akan buat The Region Kite Internasional Championship, memperebutkan piala bergilir," ujarnya.

Bupati Tamba menambahakan, event layang-layang internasional ini, tentunya tidak hanya sekedar perlombaan. Namun melalui event ini juga akan menjadi ajang promosi Jembrana ke berbagai negara. "Ini membanggakan buat kita (Jembrana). Kita start mulai ini, mulai layang-layang kita promosikan Jembrana," ucap Bupati Tamba.

Promotor yang juga anggota Bali International Kite Comitte, Ida Bagus Ugrasena mengatakan, Sirkuit All in One ini merupakan tempat yang paling representatif dan cocok untuk festival layang-layang di Bali. Menurutnya, jika ada jadwal tetap untuk penyelenggaraan festival layang-layang di sirkuit ini, dirinya yakin orang-orang dari seluruh dunia pasti akan datang ke Jembrana.

"Sirkuit All in One dinilai memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event selain festival layang-layang. Namun, dibutuhkan persiapan agar sesuai dengan standar Internasional," ucap Ugrasena.

Ke depan, katya Ugrasena, Bali International Kite Comitee bersama Pemkab Jembrana akan menggelar event perlombaan layang-layang internasional di Sirkuit All in One, Juli 2024. Panitia akan mengundang para pecinta layangan dari berbagai negara.7ode

Komentar