nusabali

SDN 4 Batuagung Suguhkan Parade HUT Ke-78 RI

  • www.nusabali.com-sdn-4-batuagung-suguhkan-parade-hut-ke-78-ri

NEGARA, NusaBali - Sejumlah kegiatan turut digelar sekolah-sekolah di Kabupaten Jembrana untuk menyemarakkan HUT ke-78 RI.

Salah satunya kegiatan dari SDN 4 Batuagung di Banjar Anyar, Desa Batuagung. Dengan melibatkan anak-anak sekolah setempat, disuguhkan parade gerak jalan kreasi dan sepeda hias di lingkungan banjar setempat.

Dalam parade yang digelar Jumat (16/8) sore atau H-1 HUT RI ini, mengambil rute mengelilingi wilayah banjar setempat dengan jarak sekitar 2 kilometer. Dalam parade ini, anak-anak mulai dari kelas I hingga VI juga menampilkan berbagai atraksi kreasi di dekat persimpangan catus pata banjar setempat. Ada yang menampilkan tari-tarian hingga teatrikal dengan tema persatuan dan kemerdekan RI.

Di samping penampilan siswa-siswi, parade juga diikuti pasukan gerak jalan emak-emak dan bapak-bapak dari masyarakat banjar setempat. Lucunya, bapak-bapak tampil dengan bersolek dan berkebaya atau berbusana adat perempuan. Kehadiran pasukan gerak jalan bapak-bapak dengan berpenampilan seperti perempuan ini pun menambah kemeriahan dan menghibur penonton. 

Foto: Pasukan emak-emak dalam parade memeriahkan HUT ke-78 RI di Banjar Anyar, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Kamis (16/8) sore. -IB DIWANGKARA

Terlebih para bapak-bapak yang diantaranya berpenampilan sangar ini juga berusaha tampil all out dengan memakai riasan perempuan. Selain dari warga banjar setempat, tidak sedikit warga dari luar banjar, bahkan luar Desa Batuagung yang sengaja datang untuk menonton parade dari SDN 4 Batuagung dan warga Banjar Anyar ini.

Kelian Adat Banjar Anyar Ida Bagus Komang Manugunarta mengatakan, acara parade dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI ini, merupakan kegiatan dari pihak SDN 4 Batuagung. Mengetahui ada kegiatan parade dari SD tersebut, para masyarakat pun ikut berpatisipasi untuk menambah kemeriahan parade yang ditujukan kepada masyarakat Banjar Anyar ini. 

"Kepesertaan masyarakat ini spontan. Riasan dan busana yang dipakai tampil masyarakat, semua biaya sendiri. Ini semua semata-mata menghibur untuk menambah kemeriahan," ujar Manugunarta.

Untuk membantu kelancaran acara, Manugunarta menjelaskan, selain dari pihak sekolah, juga dibantu para muda mudi Banjar setempat. Begitu juga ada keterlibatan dari sejumlah mahasiswa yang tengah menggelar KKN di Desa Batuagung. "Kita gotong royong. Dengan kegiatan ini, paling tidak kita ikut memeriahkan dan masyarakat terhibur," ucap Manugunarta. 7ode

Komentar