nusabali

Hari Jadi Ke-128 Kota Negara, Momentum Bersama Menuju Jembrana Emas 2026

  • www.nusabali.com-hari-jadi-ke-128-kota-negara-momentum-bersama-menuju-jembrana-emas-2026

NEGARA, NusaBali.com - Kota Negara, Kabupaten Jembrana kini genap berusia 128 tahun. Memperingati HUT kali ini, berbagai kemeriahan acara yang dimulai sejak 4 Agustus 2023, diisi beragam kegiatan dari pertunjukan seni budaya, olahraga hingga kegiatan sosial.

Untuk HUT Kota Negara tahun ini mengusung tema ‘Segara Kerthi’ yang memiliki makna samudera sebagai sumber kehidupan dan kebahagiaan sebagai bagian dari misi Pemkab Jembrana, Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

Momentum hari jadi ke -128 Kota Negara, Bupati I Nengah Tamba mengajak seluruh komponen warga Jembrana untuk bersatu menyambut Jembrana Emas 2026. 

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas bantuan seluruh masyarakatnya dalam mewujudkan berbagai program serta kebijakan, mewujudkan Jembrana semakin baik.

Di hadapan ribuan masyarakat yang memadati acara malam resepsi perayaan HUT ke-128 Kota Negara di Stage Pura Jagatnatha Jembrana, Selasa (15/8/2023), Bupati Tamba meminta seluruh unsur untuk bersatu-padu bekerjasama mewujudkan Jembrana Emas. 

"Mari kita bersatu, seluruhnya kompak. Satukan tekad menuju Jembrana Emas tahun 2026," ucapnya.

Menyongsong Jembrana Emas, Bupati Tamba menegaskan perlu persiapan dari sekarang. Terutama dari sisi sumber daya manusia (SDM) agar nantinya masyarakat Jembrana bisa menjadi pelaku bukan hanya penonton. 

"Apa yang kita butuhkan hari ini adalah perbaikan SDM. Percayalah hari ini ayo kita bangkit. Di tahun 2026, saya berharap di seluruh rumah tangga masyarakat Jembrana punya pekerjaan dan penghasilan," ujarnya.

Bupati Tamba mencontohkan daya dukung untuk komoditas kakao Jembrana yang sudah dunia. Dengan Rumah Produksi Bersama Kakao di Jembrana yang dibangun tahun ini, dirinya yakin akan semakin meningkatkan produksi kakao Jembrana sebagai olahan coklat yang memiliki nilai jual tinggi. 

"Tahun ini kita bangun Factory Sharing Kakao Jembrana. Astungkara tahun depan kita sudah bukan menjual biji kakao lagi, tetapi olahan coklat. Dan itu akan memberikan kesejahteraan bagi seluruh petani kakao di Jembrana," harapnya.

Dengan demikian, Bupati Tamba berkeyakinan Jembrana akan dikenal sebagai daerah produsen coklat yang berkualitas. Dirinya pun memiliki tekad sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa setiap kota harus punya city branding, dan pihaknya akan membranding Jembrana sebagai kota coklat. 

Di samping itu, Bupati Tamba menjelaskan, ada berbagai pembangunan infrastruktur yang terus dilaksanakan Jembrana sebagai indikator bahwa Jembrana Emas tersebut pasti dapat terwujud. 

Menurut Bupati Tamba, tahun ini juga berbagai fasilitas strategis mulai dikerjakan. Di antaranya ada revitalisasi Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, revitalisasi Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, revitalisasi Pasar Umum Negara dan pembangunan Taman Kerthi Bali Semesta (KBS). 

Hal yang menggembirakan juga, sambung Bupati Tamba, dalam waktu dekat ini pabrik Mitra Prodin di Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, yang akan menyerap hingga 6.000 tenaga kerja juga akan segera beroperasi. 

"Dampaknya bagi masyarakat sekitar yaitu membuka peluang usaha seperti kos-kosan, menjual makanan, dan lainnya. Ini akan menggerakkan ekonomi kita. Dari sisi pendapatan daerah tentu kita akan mendapatkan retribusi dari situ," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini. 

Menurut Bupati Tamba, semua itu tidak akan dapat terwujud tanpa kerjasama berbagai pihak. Baik itu dari instansi eksekutif, legislatif, instansi vertikal maupun masyarakat Jembrana pada umumnya. 

"Saya bersama seluruh jajaran Pemkab Jembrana dan teman-teman di DPRD kita bersatu, satu tekad menuju Jembrana Emas tahun 2026. Di hari ulang tahun kota ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, seluruh jajaran Pemkab Jembrana dari Pak Sekda sampai ke semua Kelian, termasuk jajaran Forkopimda yang selalu kompak," ujarnya. 

Pada malam resepsi HUT ke-128 Kota Negara yang digelar di Stage Pura Jagatnata, Jembrana, Selasa (15/8/2023), Pemkab Jembrana turut menyerahkan berbagai penghargaan kepada beberapa pihak. 

Diantaranya lomba drumband tingkat SMA/SMK, lomba drumband tingkat SMP, lomba drumband tingkat SD, lomba pembuatan penjor, lomba subak antar kecamatan, lomba Utsawa Dharma Gita, lomba Makepung Bupati Cup, lomba Gong Kebyar anak-anak antar kecamatan, lomba Baleganjur tingkat SD, lomba Baleganjur tingkat SMP, lomba teknologi tepat guna (TTG), lomba BUMDes, lomba desa, lomba kelurahan dan lomba desa mandiri bahagia.

Selain itu, Bupati Tamba turut menyerah piagam penghargaan kepada seniman pengabdi seni dan budaya di kabupaten Jembrana. 

Termasuk penghargaan kepada siswa berprestasi Jembrana peraih medali emas pada Japan Design and Invention Expo (JDIE) 2023 di Tokyo, Jepang. 

Usai penyerahan sejumlah penghargaan tersebut, Bupati Tamba juga melakukan penandatanganan MoU dengan PT Pos Indonesia dan Kampus Stikom. Selain itu, bersama jajaran Forkopimda Jembrana ada penyerahan secara simbolis santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada pedagang serta santunan kematian warga Jembrana. 

Untuk acara hiburan, diantaranya menampilkan bintang tamu grup lawak Celekontong Mas, Jun Bintang & The Strongking Band, sejumlah acara hiburan pendukung lainya, dan ditutup pesta kembang api. @ode

Komentar