nusabali

Kawasan Pantai Desa Penuktukan Dibersihkan

  • www.nusabali.com-kawasan-pantai-desa-penuktukan-dibersihkan

SINGARAJA, NusaBali - Sejumlah warga melakukan bersih-bersih pantai dan laut di perairan wilayah Banjar Dinas Belimbing, Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Buleleng.

Dalam kegiatan yang digelar pada Minggu (13/8) sore hingga petang itu berhasil kumpulkan sampah sebanyak 5 kantong plastik. Sampah-sampah itu selain dikumpulkan dari pesisir juga didapat dari sela-sela karang di tengah laut.  

Kepala Desa Penuktukan, Komang Gangga Perbawa mengatakan, kegiatan bersih-bersih melibatkan ratusan masyarakat setempat. Selain itu, Pemerintah Desa Penuktukan juga melibatkan unsur kelompok nelayan, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan pemilik villa dan bungalow desa setempat.

Ia menyebut, memilih perairan yang ada di Banjar Dinas Belimbing mengingat dilokasi terdapat titik terumbu karang yang sering dikunjungi para penyelam ataupun wisatawan. Sampah-sampah yang terkumpul dari tengah laut lalu diangkat ke permukaan.

"Karena satu sisi ada objek terumbu karang yang bagus di sini dan tidak ada di wilayah lain. Sehingga harus tetap dijaga apalagi di sini sering wisatawan melakukan kegiatan snorkeling tentu kebersihan harus tetap dijaga," ungkapnya, Senin (14/8).

Menurut Gangga, untuk tetap menjaga ekosistem di laut agar tidak sampai rusak dan dipenuhi sampah plastik. Pihaknya akan meminta kelompok masyarakat yang ada di seputaran pantai untuk ikut mengawasi dan menjaga bersama lingkungan sekitar. Kemudian untuk membangkitkan gairah perekonomian dan pariwisata di Desa, pihaknya berencana menghidupkan kembali kelompok pengelola terumbu karang.

"Jadi ini nantinya bisa berimbas pada perekonomian dan pariwisata. Mereka pun nantinya bisa ikut menjaga kelestarian ekosistem laut di sini. Misal ketika wisatawan ada snorkeling jadi kita ajak sekalian bersih-bersih," imbuhnya.

Gangga menambahkan, aksi-aksi bersih-bersih kali ini diakui masih skala kecil. Pihaknya berencana melibatkan banyak orang dalam kegiatan yang sama. Upaya ini dilakukan agar wilayah pantai di Penuktukan bisa bersih dari sampah plastik. Selain itu, juga mengajarkan dan mengedukasi warga untuk lebih mencintai lingkungan.

"Ke depan kita akan libatkan juga para diver seluruh Kecamatan Tejakula dan wisatawan yang menginap di Desa Penuktukan," pungkasnya.7mzk

Komentar