nusabali

Gerak Jalan Indah Tingkat SMA/SMK, SMAN 2 Semarapura Bertengger di Peringkat Satu

  • www.nusabali.com-gerak-jalan-indah-tingkat-smasmk-sman-2-semarapura-bertengger-di-peringkat-satu

SEMARAPURA, NusaBali.com – Siswi tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Klungkung mendapat giliran memperlihatkan aksinya di gelaran lomba gerak jalan indah dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Senin (14/8/2023) siang.

Meski cuaca siang hari sangat terik, setidaknya terdapat 15 regu yang semangat mengikuti perlombaan tersebut. Pasalnya, lomba yang hanya diadakan satu tahun sekali ini menjadi ajang yang sangat ditunggu-tunggu oleh para siswi bahkan masyarakat Klungkung. Sehingga tak ayal, mereka berlomba dan beradu kreasi untuk bisa merebutkan juara.

Sehingga, keluar sebagai Juara I Lomba Gerak Jalan Indah Tingkat SMA/SMK diraih oleh SMAN 2 Semarapura nomor dada 09 dengan total nilai 3.225, Juara II diraih oleh SMK Pariwisata Yapparindo nomor dada 11 dengan total nilai 3.220, dan Juara III diraih oleh SMAN 1 Semarapura nomor dada 08 dengan total nilai 3.190.

Kemudian Juara IV diraih oleh SMAN 1 Dawan nomor dada 14 dengan total nilai 3.180, Juara V diraih oleh SMAN 1 Semarapura nomor dada 05 dengan total nilai 3.140, dan Juara VI diraih oleh SMAN 2 Semarapura nomor dada 07 dengan total nilai 3.130.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana menerangkan para pemenang nantinya berhak mendapat hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan yang akan diserahkan setelah apel memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada Kamis (17/8/2023) mendatang.

Soal aspek penilaian dalam perlombaan gerak jalan indah, terang Sujana sistem penilaian tersebut masih sama seperti sistem penilaian pada perlombaan gerak jalan indah tingkat SD atau SMP. Peserta lomba gerak jalan tingkat SMA/SMK juga tetap mengambil start dari Simpang Lima ke timur, Patung Kanda Pat Sari lewat sisi selatan dan finish di Jalan Diponogoro depan toko Gunaksa.  Sedangkan, atraksi atau kreasi utama dilakukan di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe di hadapan dewan juri.
 
“Kriterianya masih sama seperti perlombaan tingkat SD sampai SMA. Seperti ketepatan waktu, kerapian, ketertiban, keutuhan barisan, jenis atraksi yang ditampilkan, kekompakan, dan kerja sama,” tuturnya saat dikonfrimasi pada Senin (14/8/2023) malam.

Namun, ia menegaskan persyaratan utama dari peserta lomba yakni dari segi pakaian yang harus sopan minimal memakai rok minimal sejajar lutut ataupun di bawahnya. Ia juga menambahkan jika gelaran tersebut diikuti oleh SMA/SMK se-Kabupaten Klungkung kecuali Kecamatan Nusa Penida.

Sujana menilai perlombaan gerak jalan indah dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini berdampak kepada kognitif, kecerdasan, dan keterampilan anak-anak peserta didik.

“Aspek kognitif bagus, sikap juga bagus, hormat menghormati juga bagus. Sehingga profil Pancasila yang kami harapkan dari lomba-lomba yang kami adakan menyambut hari kemerdekaan ini. Mereka berkreasi, nyanyi lagu apa saja boleh. Yang penting memberikan motivasi dan semangat nasionalisme,” tutupnya. *ris

Komentar