nusabali

Gerak Jalan Indah Tingkat SMP, 14 Regu Beradu Kekompakan dan Keindahan Kreasi

  • www.nusabali.com-gerak-jalan-indah-tingkat-smp-14-regu-beradu-kekompakan-dan-keindahan-kreasi

SEMARAPURA, NusaBali.com - Setelah vakum karena pandemi Covid-19, lomba gerak jalan indah se-Kabupaten Klungkung kembali dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah sehari sebelumnya digelar lomba gerak jalan tingkat SD, giliran lomba gerak jalan tingkat SMP/MTs pada Kamis (10/9/2023) siang.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana menerangkan gelaran ini diikuti oleh tiga Kecamatan, yakni kecamatan Klungkung, Dawan, dan Banjarangkan. 

Sementara Kecamatan Nusa Penida membuat gerak jalan indah terpisah di Nusa Penida. 

Tercatat ada sebanyak 14 regu tingkat SMP yang mengikuti lomba dengan jumlah masing-masing regu 19 orang sudah termasuk dengan Danton (pemimpin barisan)



“Sebenarnya kami di darat ada 12 SMP, namun SMPN 4 Banjarangkan dan SMP 5 Banjarangkan tidak mengirim karena memang siswanya sedikit. Tetapi ada yang lebih, seperti SMPN 1 Semarapura mengirim empat regu, SMPN 2 Semarapura mengirim dua regu, SMPN 1 Dawan mengirim dua regu. Memang ini saling isi mengisi,” terang Sujana, Kamis (10/8/2023) sore.


Peserta lomba gerak jalan tingkat SMP/MTs mengambil start dari Simpang Lima ke timur, Patung Kanda Pat Sari lewat sisi selatan dan finish di Jalan Diponogoro depan toko Gunaksa. 

Kriteria yang dinilai dalam lomba ini, di antaranya ketepatan waktu, kerapian, ketertiban, keutuhan barisan, jenis atraksi yang ditampilkan, kekompakan, dan kerja sama.



“Jika dari segi pakaian, satu syarat yang penting di busana itu adalah yang penting tidak seronok atau sopan dengan memakai rok minimal sejajar lutut atau di bawahnya. Kalau remaja kami harapkan seperti itu, kalau yang lain bebas,” ungkapnya.



Ia pun berharap, perlombaan Gerak Jalan Indah tiap tahun mengalami peningkatan antusias dari jumlah peserta. 

Selain itu, ia ingin setiap peserta mengembangkan variasi gerakan yang nanti bisa ditampilkan oleh masing-masing regu. 

Sebab, ia menilai hal ini akan berdampak kepada kognitif, kecerdasan, dan keterampilam anak-anak peserta didik.



“Aspek kognitif bagus, sikap juga bagus, hormat menghormati juga bagus. Sehingga profil Pancasila yang kami harapkan dari lomba-lomba yang kami adakan menyambut hari kemerdekaan ini. Mereka berkreasi, nyanyi lagu apa saja boleh. Yang penting memberikan motivasi dan semangat nasionalisme,” tutupnya.


Sebagai informasi tambahan, Juara I Lomba Gerak Jalam Indah Tingkat SMP/MTs diraih oleh SMPN 2 Semarapura nomor dada 13 dengan total nilai 3.235, Juara II diraih oleh SMPN 2 Semarapura nomor dada 07 dengan total nilai 3.175, dan Juara III diraih oleh SMPN 1 Dawan nomor dada 12 dengan total nilai 3.170.


Kemudian Juara IV diraih oleh SMPN 1 Dawan nomor dada 14 dengan total nilai 3.150, Juara V diraih oleh SMPN 1 Semarapura nomor dada 06 dengan total nilai 3.135, dan Juara VI diraih oleh SMPN 3 Semarapura nomor dada 03 dengan total nilai 3.125.


Para pemenang pun berhak mendapat hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan yang akan diserahkan setelah apel memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada Kamis (17/8/2023) mendatang. *ris



Komentar