nusabali

Gerak Jalan Indah Sulit Atraksi

  • www.nusabali.com-gerak-jalan-indah-sulit-atraksi

Lomba gerak jalan indah tingkat Sekolah Dasar (SD) kategori putra se-Kabupaten Gianyar, disambut antusias masyarakat, Jumat (11/8) siang.

Di Klungkung, Lomba Gerak Jalan Kehujanan

GIANYAR, NusaBali
Ribuan penonton menunggu di sepanjang rute lomba. Saat regu gerak jalan beratraksi, penonton merangsek ke tengah jalan, hingga peserta kesulitan beratraksi seni. Juri pun agak kesulitan menilai karena terhadang kerumunan penonton. Salah seorang warga, Komang Agus mempertanyakan pengamanan lomba ini, terutama akibat desakan penonton. “Kalau peserta dikerumuni seperti itu, gimana juri bisa menilai? Gimana juga penonton yang dibelakang bisa melihat,” keluhnya. Pihaknya berharap, panitia lomba, kedepan lomba ini lebih ditata rapi sehingga atraksi setiap peserta bisa utuh.

Salah satu dewan juri, Wayan Arta menjelaskan ada beberapa aspek yang menjadi kriteria penilaian. Di antaranya semangat, keserasian, keindahan, disiplin dan ketepatan. “Juri dilibatkan dari unsur TNI/Polri dan guru Seni SMP,” jelasnya. 

Lomba gerak jalan tersebut diikuti 46 regu. Start dari Open Stage Balai Budaya Gianyar, melintasi rute 4 kilometer. Sepanjang rute ada 7 titik regu untuk beratraksi. Rutenya dari Open Stage ke Abianbase-Jalan Gambir- Kebo Iwa-Taman Kota Gianyar-depan RSUD Sanjiwani -depan Kantor Bupati Gianyar- finish di Balai Budaya Gianyar. Sabtu (12/8) ini, akan berlangsung lomba gerak jalan kategori Putri tingkat SD dan SMP.

Sementara itu, lomba gerak jalan indah tingkat siswi SMP se-Kabupaten Klungkung, Jumat (11/8) sore, diguyur hujan. Kendati demikian semua peserta tetap melanjutkan atraksi sampai garis finish. Namun rias wajah peserta dilunturkan hujan.

Lomba diikuti 19 regu dari SMP se Klungkung daratan. Karena selain jarak di seberang lautan, di Nusa Penida juga ada kegiatan penyambutan HUT RI ke-72. Regu gerak jalan ini tak terpengaruh hujan. Mereka tetap semangat hingga sampai di garis finish. 

Lomba dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, dan jajaran Pemkab Klungkung. Kepala Bidang Kepemudan dan Olahraga, Dinas Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disbudpora) Klungkung Wayan Suarta mengatakan, karena belakangan kerap turun hujan, pihaknya pun cukup was-was. Lebih-lebih sebagian besar kegiatan ada di tempat terbuka.

Seperti halnya kegiatan fun bike, Minggu (6/8) lalu terpaksa diundur karena hujan deras. Karena naik sepeda gayung saat hujan bisa berbahaya mengingat jalan licin. ‘’Kalau lomba gerak jalan meskipun hujan masih bisa dilakukan. Kami tetap berharap cuaca cerah,” harapnya. *nvi,wa

Komentar