nusabali

Undiksha Optimalkan Kampus Sesetan Denpasar

  • www.nusabali.com-undiksha-optimalkan-kampus-sesetan-denpasar

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja bakal mengoptimalkan keberadaan kampus yang berada di Jalan Raya Sesetan, Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Rencananya, kampus itu akan digunakan untuk perkuliahan sejumlah program studi.

"Mulai tahun ini kami akan optimalkan keberadaan kampus Undiksha di Jalan Raya Sesetan Denpasar. Kita tengah bangun satu tower dengan kapasitas 16 ruang belajar serta ruang lainnya untuk memulai program perkuliahan S1 dengan 9 program studi (prodi)," jelas Rektor Undiksha, Prof I Wayan Lasmawan, belum lama ini.

Menurut Lasmawan, keberadaan Undiksha di pantai utara Bali dengan mobilitas ekonomi serta kondisi geografis serperti saat ini akan sulit dijangkau sehingga aset Undiksa di Denpasar akan dimaksimalkan pemanfaatannya. Kampus tersebut akan dioptimalkan dengan pertimbangan untuk memudahkan akses perkuliahan.

Adapun beberapa prodi seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) proses perkuliahan sudah berlangsung di kampus Denpasar. "Hanya Undiksha berada di Bali Utara, mobilitas ingin melompat tinggi. Dengan letak geografisnya, kami optimalkan aset yang ada di Denpasar. Untuk daya tampungnya, kami buka masing-masing prodi 1 kelas sebagai pilot project," kata dia.

Di sisi lain, kata dia Undiksha saat ini dihadapkan pada tantangan untuk segera menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Dengan menjadi PTN-BH, Undiksha akan dapat berkembang secara lebih otonom, mandiri, inovatif, dan kreatif. Skema status PTN-BH dimaksudkan oleh kementerian untuk lebih memandirikan perguruan tinggi.7mzk

Komentar