nusabali

KPU Badung Terima Bendera Kirab Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-kpu-badung-terima-bendera-kirab-pemilu-2024

MANGUPURA, NusaBali - Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Badung turut menyambut bendera kirab pemilu yang diserahkan oleh KPU Kota Denpasar kepada KPU Kabupaten Badung, Minggu (13/8). Setelah resmi menerima bendera kirab pemilu, selanjutnya akan dilakukan kirab ke enam kecamatan yang ada di Gumi Keris.

Ratusan siswa berbaris rapi sepanjang jalan menuju Balai Budaya dari bundaran pintu selatan Puspem Badung sejak pukul 13.00 Wita. Mereka yang terlibat nantinya akan menjadi pemilih pemula. Setelah penyambutan oleh para siswa, kemudian kirab Pemilu 2024 digelar sore harinya bertempat di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala kawasan Puspem Badung, Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi. Turut hadir seribuan kader partai peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Badung Wayan Semara Cipta alias Kayun, mengatakan Kirab Pemilu 2024 akan dilanjutkan ke masing-masing kecamatan di Kabupaten Badung. Partai peserta pemilu diharapkan turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kirab di Badung berlangsung pada 13-18 Agustus 2023 dan selanjutnya akan diteruskan ke KPU Tabanan. 

Oleh karena itu, KPU Badung meminta kepada PPK di masing-masing kecamatan untuk menentukan rute-rute yang akan dilalui selama kirab berlangsung. Adapun yang sudah ditentukan yakni dimulai dari Kuta Selatan (14 Agustus), Kuta Utara dan Kuta (15 Agustus), Mengwi (16 Agustus), serta Abiansemal dan Petang (17 Agustus). 

“Mulai besok (hari ini) akan dilakukan kirab di masing-masing kecamatan. Nanti pada 18 Agustus kita akan melakukan penyerahan Bendera Kirab Pemilu 2024 ke KPU Kabupaten Tabanan. Untuk itu, kami berharap seluruh peserta pemilu bisa ikut berpartisipasi,” ucap Kayun. 

Menurutnya rute yang akan disasar adalah tempat-tempat publik seperti kawasan pariwisata hingga pasar tradisional. Selama masa kirab, parpol juga menyiapkan mobil hias sesuai dengan ciri masing-masing partainya. “Jadi kita minta teman-teman PPK untuk menentukan rute konvoi. Kita juga minta masing-masing parpol. Harapannya dengan adanya mobil hias saat kirab ini mencirikan sosialisasi kepemiluan menjadi sesuatu yang riang gembira, tidak tegang, justru menyenangkan. Sekaligus ini juga sebagai sosialisasi bahwa di Badung ada 18 partai yang lolos,” sebut Kayun. 

Selain itu, pria asal Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, ini menyatakan juga akan membagikan brosur kepada masyarakat selama kirab. “Brosur ini tentang sosialisasi bahwa saat ini di Badung ada 45 kursi dibandingkan sebelumnya. Selain itu juga dingatkan kembali masyarakat untuk cek DPT online. Mungkin ada yang belum aware terhadap dirinya apakah sudah terdaftar jadi pemilih dan di TPS mana terdaftar,” kata Kayun. 

Pada tahapan kirab pemilu di Badung juga akan dilakukan penanaman pohon kelapa. Dalam hal ini KPU Badung bersinergi dengan Pemkab Badung, dimana Dinas Pertanian dan Pangan Badung memberikan 100 bibit pohon kelapa genjah. Nantinya setiap kecamatan akan dibagikan bibit, termasuk sisanya ditanam di lingkungan Puspem Badung. 

“Kami akan menanam 100 pohon kelapa. Harapannya, buah, daun, batangnya bisa dimanfaatkan. Sesuai dengan tujuan Green Election bukan hanya menghabiskan surat suara dari kertas, tapi juga kontribusi kita kepada ibu pertiwi yaitu bumi dengan salah satunya penanaman pohon,” urai Kayun. 7 ind

Komentar