nusabali

El Nino, Petani Diminta Beralih Tanam

  • www.nusabali.com-el-nino-petani-diminta-beralih-tanam

TABANAN, NusaBali - Antisipasi terhadap dampak siklus El Nino, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya meminta petani Tabanan beralih tanam. Karena dengan perubahan siklus El Nino akan terjadi kemarau panjang yang  berpengaruh terhadap keberlangsungan pangan.

"Musim panas ini petani harus mewaspadai, karena dampak El Nino jangan sampai berpengaruh terhadap pangan. Ini sesuai juga arahan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri saat pertemuan di Kebun Raya kemarin," ujarnya usai menghadiri Sidang Paripurna di Gedung Dewan, Kamis (8/9). 

Dengan kondisi tersebut dia meminta petani untuk beralih tanam ke palawija, seperti jagung, kedelai dan jenis tanaman palawija lainnya. "Nah di Tabanan sendiri petani sudah antisipatif. Salah satu contoh di Subak Megati Selemadeg Timur dan Tangguntiti sudah mulai menanam jagung," imbuhnya. 

Sementara itu dia menambahkan saat pertemuan dengan Megawati di Kebun Raya Bali dalam rangka kunjungan kerja tidak ada arahan khusus. Hanya saja menekankan masalah pangan. Karena pangan ini tidak hanya menyangkut perihal kebutuhan pokok dan lainnya. Pangan juga menyangkut persoalan stunting. 

"Kedaulatan pangan ini menjadi perhatian serius beliau. Apalagi Indonesia menjadi satu-satu lumbung pangan dunia. Meskinya kita punya laut dan perairan perlu menengok sektor pertanian agar mampu berdaulat di bidang pakan," tandas Bupati Sanjaya. 7des

Komentar